Sukses

Kegunaan Cuka Buat Menjaga Kebersihan, Salah Satunya Cuci Sayur dan Buah

Liputan6.com, Jakarta Selain menjaga keseimbangan pH, cuka putih juga berguna sebagai pembersih. Baik untuk jendela, buah, hingga kamar mandi.

Ternyata, cuka tidak hanya efektif untuk membersihkan permukaan, tetapi juga mampu membersihkan secara menyeluruh. Jadi, cuka bisa dimanfaatkan bagi siapa pun untuk membersihkan sesuatu.

Lantas apa saja kira-kira kegunaan cuka?

Melansir Good Housekeeping, Senin (25/4/2022), berikut ini manfaat yang ditawarkan cuka untuk menjaga kebersihan.

Manfaat

1. Membersihkan jendela

Daripada menghabiskan uang untuk membeli pembersih jendela yang mengandung bahan kimia beracun, tidak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri di rumah.

Isi botol semprot dengan cuka suling putih dan tambahkan air. Semprotkan ke kaca dan kemudian gunakan kain bebas serat untuk menyeka jendela. Cairan tersebut kemudian akan membuat kaca bersih kembali.

2. Membersihkan kamar mandi

Dengan cara yang sama, cuka juga mampu membersihkan kamar mandi. Terutama pada bagian, seperti ubin, bak, dan keran. Bila sudah disemprot dan disikat, jangan lupa membilas dengan air setelahnya.

Bahkan cuka dinilai mampu menghilangkan kerak kapur. Untuk menghilangkan kerak kapur pada keran, balut dengan kain yang dibasahi larutan cuka di sekitar keran dan biarkan semalaman. Gunakan sikat gigi bekas yang direndam dalam larutan untuk menghilangkan residu yang tersisa.

 

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

 

 

3. Menghilangkan kerak kapur di ketel

Kerak kapur yang menempel pada sesuatu cenderung sulit dihilangkan. Akan tetapi dengan cuka, kerak tersebut kemungkinan bisa hilang terutama kerak kapur yang menempel pada ketel.

Menghilangkan kerak kapur dari ketel caranya dengan mengisinya dengan campuran setengah cuka putih suling dan setengah air. Setelah itu, biarkan meresap semalaman.

Di pagi hari, kosongkan dan bilas ketel secara menyeluruh, lalu rebus ketel tersebut dengan penuh dengan air dan buang untuk menghindari bau cuka.

4. Membersihkan barang yang bernoda karena terlalu lama disimpan

Jika memiliki barang yang jarang digunakan kemudian barang tersebut berubah warna jadi kusam atau bernoda, semua itu bisa diatasi dengan cuka.

Buat barang Anda kembali seperti baru dengan merendamnya selama lima menit dalam cuka putih suling untuk menghilangkan noda keruh.

5. Mencuci buah dan sayuran

Ternyata cuka juga dapat membantu menghilangkan bakteri dan residu pestisida dari buah dan sayuran.

Caranya, cukup dengan mencampurkan tiga bagian air dengan satu bagian cuka putih. Lalu tuangkan ke dalam botol semprot. Setelah itu, bilas dengan air.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati