Sukses

Konsumsi 5 Makanan untuk Mengurangi Kerontokan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering mengalami kerontokan rambut? Tentunya hal ini sangat mengganggu dan bisa mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan.

Rambut rontok bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti masalah kesehatan, penuaan, hingga gen. Meskipun sudah mengaplikasikan berbagai perawatan rambut, terkadang kerontokan masih sering dialami seseorang.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa beberapa makanan yang dikonsumsi bisa mengatasi kerontokan rambut. Anda bisa mulai dengan menerapkan diet yang sehat dan seimbang.

Melansir dari Times Now, Sabtu (23/10/2021), berikut adalah lima makanan yang bisa mencegah atau mengurangi kerontokan rambut.

2 dari 3 halaman

1. Bayam

Bayam kaya akan zat besi, vitamin C, folat, dan vitamin A. Kandungan tersebut membuat bayam bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

2. Alpukat

Sumber lemak yang baik ini kaya akan kandungan vitamin E. Stres oksidatif menjadi salah satu penyebab kerontokan dan kerusakan rambut, serta penuaan.

Penelitian menemukan bahwa vitamin E bisa mengurangi stres oksidatif. Oleh karena itu, mengonsumsi alpukat menjadi pilihan yang menyehatkan.

3 dari 3 halaman

3. Telur

Selain menjadi sumber protein, telur juga kaya akan zat besi dan vitamin B. Kuning telur mengandung biotin atau yang dikenal sebagai vitamin B7.

Diketahui vitamin B bisa meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi kerontokan. Batasan asupan harian vitamin B7 adalah 30 mcg.

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut bisa mengurangi rambut rontok, meningkatkan kekuatan rambut, hingga mempercepat pertumbuhan rambut.

5. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3. Penelitian menemukan bahwa omega 3 bermanfaat untuk memperkuat rambut dan membuat rambut menjadi lebih tebal.

Rambut yang kuat bisa mengurangi kerontokan sehingga pertumbuhan rambut pun lebih cepat terjadi.

Reporter: Shania

 

BERANI BERUBAH: Pulang Kampung Jadi Juragan Sapi