Sukses

Lagu Merah Putih Iwan Fals Diluncurkan Bertepatan dengan HUT ke-76 RI

Iwan Fals rilis lagu "Merah Putih" bertepatan dengan HUT ke-76 RI.

Liputan6.com, Jakarta Pada perayaan Hari Ulang Tahun Indonesia ke-76 pada 17 Agustus 2021 lalu, Iwan Fals sempat merilis karya terbarunya bertajuk "Merah Putih". Single tersebut merupakan lagu kedua dari album Pun Aku yang diluncurkan pada awal September 2021.

Seperti judulnya yang lantang, ini tentang merayakan Indonesia hari ini yang penuh dengan dinamika yang bergulir dengan cepat. “Indonesia terus bergerak, terus berproses. Ibaratnya, jadi proses gabungan dari melodi dan syair kalau dalam konteks musik,” kata Iwan Fals, mengutip keterangan pers.

"Setiap Senin nyanyi Indonesia Raya di sekolahan. Terus kalau dalam kejuaraan menang, bangga setengah mati. Tanpa bisa dijelaskan kenapa bangga. Lalu kalau diledekin marah, juga sedih kok kita gini-gini aja. Padahal sudah merdeka, tapi masih banyak yang belum percaya kalah kita sudah merdeka. Ya, Indonesia di antara itu,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instrumen Piano

Lagu "Merah Putih" begitu menonjolkan ciri khas Iwan Fals. Seperti vokal penuh usaha menukik tajam ke nada-nada tinggi, suara harmonica khas yang jadi kuncian di beberapa hits legendaris, dan larik-larik kontemplatif yang sarat makna.

Namun, ada satu tambahan penting yang jadi kebaruan, yaitu untuk pertama kalinya Iwan Fals merekam karya dengan instrumen utama piano.

“Sebenarnya piano sudah ada sejak dulu, tapi paling di konser-konser, bukan di rekaman. Pernah main sama Iwang Noorsaid, Bagus AA. Kalau langsung rekam, ya baru ini,” tutur Iwan.

3 dari 3 halaman

Makna

Bercerita tentang Indonesia, lirik lagu "Merah Putih" ditujukan untuk seluruh warga negara Indonesia. Dengan segala dinamikanya, lewat lagu ini, Iwan Fals mengajak pendengar untuk bersikap.

“Ayo deh kita harmonis, jangan saling ganggu. Sadar bahwa kita semua ditunggu kematian. Tapi, jangan nyerah. Kita gembira aja menunggu itu datang sambil terus produktif," kata dia.

Lagu "Merah Putih" dari Iwan Fals sudah tersedia di berbagai platform musik digital. Lagunya juga sudah dilengkapi dengan video musik yang bisa Anda tonton di kanal Musica Studio's di platform streaming Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.