Sukses

5 Tips Membantu Anak Bersosialisasi dengan Baik

Liputan6.com, Jakarta Pasangan yang baru saja menjadi orang tua tentu ingin anak mereka dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungannya. Pahamilah bagaimana anak Anda, apakah pada dasarnya pemalu atau gugup saat bertemu orang baru.

Mungkin anak Anda juga termasuk orang yang kurang percaya diri. Atau justru anak tersebut termasuk anak yang periang yang berani.

Penting untuk mengajari anak keterampilan komunikasi yang baik sejak dini. Ini akan sangat membantu anak dalam mengembangkan kepercayaan dirinya.

Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa tips untuk membantu anak Anda dalam bersosialisasi.

1. Daftarkan dalam kegiatan khusus

Anak-anak biasanya menikmati kebersamaan dengan anak-anak lain. Ide yang baik untuk membuat anak mengikuti kegiatan khusus. Anak Anda akan dapat berinteraksi dan mendapatkan teman baru.

Dengan bermain game interaktif, anak akan merasa percaya diri. Kegiatan khusus dapat mencakup kelas hobi yang mereka sukai.

2. Latih anak

Latih anak untuk berperilaku di pesta ulang tahun atau pertemuan sosial lainnya. Ajari mereka untuk menghadapi situasi.

Buat anak mengerti bahwa dengan bertemu anak-anak di suatu acara, mereka akan bisa mendapatkan teman baru. Bicaralah dengan sopan, jangan paksa anak untuk terbuka.

Banyak orang tua cenderung memaksa anak-anaknya, yang justri berdampak negatif mempengaruhi kesejahteraan mental.

2 dari 2 halaman

3. Jelaskan pentingnya berteman

Beri tahu anak tentang berbagi perasaannya bersama sahabat adalah hal yang baik. Dorong mereka untuk mau bercerita.

Ini akan membuat anak menyadari betapa pentingnya memiliki teman. Jika anak Anda pemalu, maka jelaskan kepadanya dengan santai. Anak-anak pemalu butuh waktu untuk terbuka, jadi beri mereka waktu yang dibutuhkan.

4. Perhatikan interaksinya

Penting untuk memperhatikan interaksi anak dengan anak-anak lain seumurannya. Ini akan membantu Anda memahami perilakunya.

Jika anak Anda suka memerintah dengan teman, bicaralah padanya dengan baik-baik. Jika Ia pemalu dan introvert, bantulah untuk terbuka. Ini akan sangat membantunya dalam mencari teman baru.

5. Biarkan anak Anda berekspresi

Bicaralah sebagai teman dengan anak Anda. Biarkan Ia mengungkapkan perasaan yang sebenarnya. Jika Anda memiliki pendekatan yang ramah, itu pasti akan membuat perbedaan dalam sikap anak.

Anak-anak cenderung lebih ramah ketika mereka melihat orang tuanya dengan cara yang sama. Maka dari itu, sebagai orang tua harus bersikap dengan baik terutama dihadapan anak, karena anak merupaka cerminan dari orang tuanya.

Membantu anak untuk mendapatkan teman baru adalah ide yang baik. Jangan lupa juga untuk mengawasi teman-teman anak Anda karena ini akan mempengaruhi bagaimana anak kedepannya bertingkah laku.