Sukses

7 Cara Efektif Turunkan Risiko Terkena Kanker

Liputan6.com, Jakarta Semua tahu bahwa lebih baik mencegah penyakit daripada menyembuhkannya. Jadi, jika ada risiko kanker, maka Anda harus berupaya untuk menurunkan risiko kanker tersebut. 

Mengutip MagForWomen, Kamis (3/6/2021), berikut beberapa cara yang dapat membantu mencegah penyakit kanker. Jadi, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Makanan sehat

Dengan makan makanan yang sehat, Anda dapat mengurangi risiko kanker sekitar empat puluh persen. Maka, upayakanlah makan makanan sehat setiap hari. 

Sertakan banyak sayuran hijau dalam makanan Anda. Konsumsi setidaknya dua hingga tiga porsi buah-buahan dalam rencana diet Anda. 

Jangan mengonsumsi junk food atau makanan yang terlalu tinggi kalori. Miliki porsi makan yang secukupnya agar tetap sehat dan bugar.

2 dari 3 halaman

2. Minum banyak cairan

Tahukah Anda bahwa air sebenarnya dapat membantu mencegah kanker kandung kemih? Karena membantu membuang agen penyebab kanker dalam urin, ini membantu menjaga kandung kemih tetap bersih. 

Jadi, minumlah sekitar dua liter air setiap hari. Juga, sertakan asupan jus segar lainnya ke dalam makanan Anda. Ingat, jus sayuran juga dapat mencegah risiko kanker.

3. Olahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko kanker hingga dua puluh persen. Jadi, pergilah ke gym kapanpun Anda punya waktu. 

Atau, lakukan jenis latihan yang berbeda setidaknya tiga kali dalam seminggu. Bahkan, berjalan kaki sekitar dua puluh menit setiap hari dapat menurunkan risiko kanker Anda. Hal yang tidak kalah penting adalah ini juga membantu menjaga berat badan ideal Anda.

4. Kafein punya manfaat baik

Jika Anda seorang penikmat kopi, maka Anda bisa menurunkan risiko kanker otak hingga 40 persen. Ya, telah dibuktikan dalam sebuah survei bahwa kafein memiliki agen yang membantu melawan sel-sel penyebab kanker di dalam tubuh. 

Survei tersebut juga membuktikan bahwa empat hingga lima cangkir kopi bagus untuk mencegah risiko kanker. Jadi, kafein sebenarnya punya manfaat baik untuk dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

5. Jauhi ponsel Anda

Tidak ada bukti kuat yang mengatakan sinar ponsel menyebabkan kanker otak. Tapi, masih banyak penelitian yang membuktikan bahwa mungkin ada hubungan antara kanker otak dan radiasi ponsel. 

Jadi, lebih baik tetap aman daripada merasa menyesal. Gunakan ponsel Anda seperlunya dan bila memang tidak mendesak, gunakanlah hanya untuk panggilan singkat sesuai kebutuhan atau gunakan handsfree karena itu bisa jadi salah satu pilihan pencegahan yang lebih baik.

6. Tingkatkan asupan vitamin D dan kalsium Anda

Penting untuk menjaga tingkat vitamin D dan kalsium dalam tubuh atau Anda mungkin rentan terhadap risiko kanker tulang. Jadi, sertakan asupan vitamin D Anda dengan memiliki sumber makanan yang kaya vitamin D. 

Juga konsumsi suplemen kalsium sekali atau dua kali seminggu untuk asupan kalsium Anda. Ini mungkin dapat menurunkan risiko kanker.

7. Jangan mengabaikan rasa sakitnya

Nah, jika ada rasa sakit di tubuh Anda, Anda harus segera memeriksakan diri. Jangan abaikan rasa sakit di tubuh karena bisa menimbulkan masalah.

Jika Anda mengalami nyeri di daerah panggul, payudara atau kepala, maka kunjungi dokter Anda dan lakukan pemeriksaan. Selalu waspada terhadap semua kemungkinan tanda kanker. 

Tetap sehat dan bugar dan Anda dapat mencegah penyakit dengan cara yang efektif.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana