Sukses

Anda Pelupa? 8 Makanan Ini Dapat Membantu Tingkatkan Daya Ingat

Beberapa buah dan sayur yang dapat meningkatkan daya ingat otak.

Liputan6.com, Jakarta Mitos bahwa beberapa orang terlahir jenius, semuanya perlu dilatih. Selain kerja keras dan tekad, satu komponen penting yang menentukan daya ingat dan kecerdasan adalah kebiasaan makan.

Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkan daftar beberapa makanan penting untuk membuat pikiran lebih tajam dan masa depan yang lebih cerah.

Melansir dari laman magforwoman, berikut adalah makanan yang dapat meningkatkan daya ingat.

1. Ikan

Ikan berminyak apa pun kaya akan asam lemak Omega-3 yang penting untuk sistem saraf yang sehat. Dari meningkatkan ingatan hingga meningkatkan pengambilan keputusan dan keterampilan memecahkan masalah.

Oleh karena itu, pastikan untuk mendedikasikan sebagian dari lemari es Anda untuk ikan.

2. Blueberry

Banyak penelitian telah dilakukan yang menunjukkan bahwa blueberry memainkan peran besar dalam memastikan pikiran yang sehat dan meningkatkan daya ingat.

Buah tersebut mengandung berbagai fitokimia yang meningkatkan daya ingatan selain dari dosis antioksidan yang sehat yang telah dikenal untuk melawan penuaan dan hilangnya ingatan yang menyertainya.

3. Tomat

Seperti halnya blueberry, tomat juga mengandung antioksidan likopen yang dapat mencegah timbulnya demensia. Selain itu, ini juga merupakan sumber yang kaya vitamin dan mineral sehingga memiliki efek yang baik secara keseluruhan pada tubuh.

4. Bayam

Anda mungkin tidak mendapatkan kekuatan Popeye dengan makan bayam tapi pasti akan banyak manfaatnya bagi otak. Ini adalah sumber asam folat yang kaya yang diyakini dapat melindungi orang dari Alzheimer dan juga mengandung antioksidan penting lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Apel

Makanlah buah apel setiap hari satu buah. Jika benar-benar peduli dengan ingatan Anda, jangan membuat kesalahan dengan membuang kulit buah karena mengandung dua antioksidan, quercetin dan antosianin, selain sebagai gudang vitamin dan mineral lainnya.

6. Brokoli

Ini adalah sumber asam folat dan quercetin yang berdampak positif pada memori. Brokoli juga mengandung banyak vitamin K yang meningkatkan kekuatan otak.

7. Anggur

Kabar baik untuk semua pecinta alkohol di luar sana. Jika Anda tidak memiliki anggur, anggur merah cukup baik karena mengandung fitokimia yang penting untuk meningkatkan daya ingat.

Tapi kata yang harus diingat di sini adalah 'moderasi'. Seperti apel, anggur juga mengandung quercetin dan antosianin dalam jumlah yang cukup selain vitamin C, yang diketahui dapat meningkatkan ketangkasan mental seseorang.

8. Produk susu

Ini harus menjadi komponen penting dari makanan sehari-hari jika Anda benar-benar ingin meningkatkan daya ingat.

Susu adalah sumber yang kaya vitamin D dan kalsium yang merupakan bahan penyusun tubuh. Mereka juga mengandung tirosin dan triptofan yang merupakan neurotransmitter yang penting untuk proses berpikir yang lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.