Sukses

Redakan Rasa Sakit Sinusitis dengan Cara Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan radang yang terjadi pada rongga hidung. Penderita penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang akut dan kronis. Sinus ini mungkin akan seringkali kambuh dan harus segera diobati untuk meringankan rasa sakitnya. Ada beberapa cara rumahan yang perlu diketahui ketika Anda menderita penyakit ini.

Penderita sinusitis kronis butuh antibiotik untuk mengobati ketika kambuh. Sedangkan pada penderita sinusitis akut, ini lebih mudah karena bisa diobati dengan pengobatan yang ada di rumah.

Biasanya sinus akut itu disebabkan karena debu, alergi, bahan kimia atau iritan. Ketika sengaja atau tak sengaja menghirupnya, hidung Anda akan meradang.

Bagi orang yang belum mengetahuinya, sinusitis ini memberikan tanda atau gejala seperti nyeri pada wajah, demam, nyeri pada telinga dan gigi, pembengkakan pada wajah, sakit tenggorokkan, batuk, dan hidung terasa tersumbat. Jika Anda sudah merasakan beberapa gejala tersebut, segeralah ke dokter.

Namun di samping itu, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan penderita sinus ketika rasa sakit itu kambuh. Anda bisa memulainya dari memperhatikan pola makan sehari-hari yang bisa memicu kambuhnya sinusitis.

Sebaiknya, Anda menghindari mengonsumsi cokelat, gula, dan produk susu. Selain itu, hindari pula mengonsumsi minuman dingin karena sangat berbahaya bagi penderita sinusitis.

Baiknya, Anda banyak-banyak mengonsumsi makanan bervitamin A. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa pengobatan mudah untuk coba meredakan rasa sakitnya. Melansir Timesnownews, Rabu (24/2/2021), berikut tipsnya.

1. Minum banyak air

Jangan sampai Anda dehidrasi. Minumlah banyak air untuk coba meredakan rasa sakitnya. Akan tetapi, bukanlah air dingin yang diminum. Dengan Anda minum banyak air, nantinya akan membantu mengencerkan lendir sehingga dapat melegakan hidung Anda yang tersumbat.

2. Beri uap

Buatlah uap dengan cara sendiri. Caranya, Anda bisa merebus air hingga mendidih kemudian celupkan handuk ke dalamnya. Untuk memberikan wangi yang lebih segar, Anda bisa menambahkan mint.

Uap tersebut dianggap mampu membantu membersihkan saluran hidung yang tersumbat. Selain itu, juga akan membuat napas Anda terasa lebih lega.

 

 

2 dari 2 halaman

3. Makan sup

Mengonsumsi sup panas juga dapat membantu Anda meredakan hidung yang tersumbat. Buatlah sup sesuai selera dan tentunya dengan bahan-bahan yang sehat.

4. Bersihkan saluran hidung

Selain melakukan beberapa hal tadi, penting pula untuk membersihkan saluran hidung. Bersihkan hidung dengan lembut. Untuk membantu membunuh bakteri dan virus, Anda bisa menggunakan larutan garam. Proses tersebut dianggap dapat cepat melegakan hidung tersumbat.

5. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel yang bermanfaat untuk kecantikan, ternyata juga bisa untuk meredakan sinusitis. Anda bisa menggunakannya dengan menambahkannya ke dalam air atau teh hangat. Dengan begitu, sakit yang Anda rasakan akan berkurang.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati