Sukses

Rawat Rambut Rusak dengan 3 Minyak Alami Ini

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mungkin sering merawat rambut dengan produk-produk yang dibelinya di toko. Tak sedikit pula sesekali meluangkan waktu untuk memanjakan diri di salon kecantikan.

Namun, jika Anda merasa malas untuk ke salon, kini Anda bisa melakukan perawatan rambut sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan.

Terbukti kini minyak kelapa, almond, dan jarak dianggap ampuh memberi nutrisi untuk rambut. Minyak itu pun sudah sering digunakan sejak zaman kuno.

Bahkan hingga saat ini, perawatan rambut dengan ketiga jenis minyak tersebut juga telah banyak digunakan untuk perawatan rambut di salon.

Ketiga bahan tersebut dinilai dapat membuat rambut tebal, berkilau, tidak mudah rontok, dan kulit kepala sehat.

Seperti kita ketahui, ketika keluar rumah tentu akan banyak debu dan polusi yang akan menyerang tubuh, termasuk menyerang kulit dan rambut. Akhirnya membuat kulit kepala dan rambut seseorang terasa kering dan berketombe. Untuk itu, minyak dari tiga bahan ini adalah solusinya.

Caranya pun cukup mudah karena hanya mengoleskan minyak tersebut ke kepala dan memijat lembut bagian kepala.

Penggunaan minyak tersebut akan membantu Anda meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan juga membuka pori-pori kulit kepala.

Bahkan ketika Anda merasa stres sekali pun, cobalah perawatan ini karena dinilai dapat membantu mengurangi rasa stres dengan merangsang relaksasi.

Dengan minyak kelapa, rambut Anda terhindar dari kekeringan, kasar, dan rapuh. Justru yang akan Anda dapatkan adalah rambut yang kuat dan berkilau.

Jika Anda memilih minyak kelapa untuk perawatan rambut, dia akan menstimulasi sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga membuat rambut terasa lebih lembut.

Namun, Anda memijatnya harus dengan lembut dan jangan digosok. Jika Anda menggosoknya terutama saat memijat bagian kepala, justru akan membuat rambut rontok.

Melansir laman Pinkvilla, Senin (22/2/2021), untuk mengaplikasikan minyak kepala sebagai perawatan rambut, baiknya minyak kelapa itu dipanaskan terlebih dahulu. Selanjutnya, aplikasikanlah minyak tersebut jika sudah sedikit dingin ke rambut dan kulit kepala.

Lebih baik, Anda mengoleskannya di malam hari sebelum tidur. Biarkan minyak kelapa itu bereaksi semalaman. Anda mungkin bisa membungkus kepala Anda dengan handuk. Keesokan harinya Anda baru bisa membilasnya.

Minyak kelapa ini sangat bermanfaat untuk rambut terutama bagi orang yang memiliki rambut bercabang.

 

2 dari 2 halaman

Minyak Lainnya

Selain minyak kelapa, minyak almond dan zaitun juga tak kalah bermanfaatnya untuk perawatan rambut.

Minyak almond bermanfaat untuk rambut kering dan rusak, sedangkan minyak zaitun lebih bermanfaat untuk rambut berketombe karena dapat mengembalikkan keseimbangan asam-basa kembali normal pada kulit kepala.

Anda juga jangan melupakan minyak jarak yang sama bermanfaatnya dengan minyak-minyak seperti yang sudah dijelaskan tadi. Minyak jarak dapat bermanfaat terutama untuk mengatasi kondisi rambut kering, rapuh, dan rusak.

Bahkan jika Anda terlalu banyak terkena sinar matahari sehingga membuat warna rambut berubah dari hitam ke kecokelatan, Anda bisa mengatasinya dengan minyak jarak ini.

Namun, ketika Anda selesai mengoleskan minyak jarak pada rambut, Anda harus membilasnya dengan air karena dia bertekstur kental dan lengket. Gunakanlah dua sendok makan cuka sari apel ke dalam air untuk membilas rambut.

Selain ketiga bahan tersebut, Anda juga bisa menggabungkan beberapa bahan lain, seperti mencampurnkan minyak kelapa dengan daun kari. Keduanya baik untuk kesehatan rambut. Caranya Anda harus merebus daun kari terlebih dulu sampai berubah menjadi warna hitam.

Jangan lupa untuk mencapurkan minyak kelapa ketika merebus daun tersebut. Setelah berubah warna, dinginkan terlebih dulu. Anda bisa langsung mengaplikasikan campuran tersebut ke rambut dan biarkan selama satu jam, setelah itu cuci bersih.

Untuk perawatannya, Anda bisa rutin mengoleskan minyak seminggu dua kali untuk rambut kering dan seminggu sekali untuk rambut berminyak.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK