Sukses

5 Kesalahan Merawat Rambut Yang Harus Dihentikan

Liputan6.com, Jakarta Rambut mungkin jadi salah satu hal yang paling disukai oleh perempuan. Ketika memiliki rambut yang tebal, Anda jarang menyadari pentingnya dan bahkan akan menyalahgunakannya sesuka hati. Misalnya mencoba gaya sebanyak mungkin dan tidak peduli bahwa sebenarnya memiliki rambut yang bagus dan indah.

Tetapi perempuan akan selalu dapat kehilangan rambut indahnya pada saat asal mengganti sampo atau jika ada perubahan pada air yang digunakan. Stres juga salah satu faktor lain membuat kehilangan rambut. Ada sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan dalam hal rambut rontok, tetapi ada sesuatu yang dapat dikontrol.

Melansir dari laman magforwoman, berikut kesalahan rambut yang mungkin Anda buat dan harus dihentikan sekarang juga.

1. Mencatok rambut setiap hari

Sebaiknya kegiatan mencatok rambut jangan dilakukan setiap hari. Mencatok setiap hari dan merawat rambut dengan suhu tinggi setiap hari akan membuatnya retak dan melemah. Ini juga akan membuat rambut jadi kering dan menyedot semua kelembapannya.

Rambut kering adalah rambut yang rapuh, sehingga akan mudah patah dan rontok. Jika terpaksa harus mencatok setiap hari, jangan sampai rambut Anda terkena suhu yang sangat tinggi karena akan cepat mengalami kerusakan.

2. Menggunakan shampo yang sama

Anda mungkin berpikir bahwa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan shampo yang sama untuk waktu yang lama, tetapi itu tidak baik atau tidak benar. Gantilah shampo tergantung pada bagaimana rambut Anda dan apa yang dibutuhkannya.

Jika menggunakan shampo untuk mengatasi ketombe, Anda harus berhenti menggunakannya setelah ketombe berhasil dihilangkan. Beralihlah ke shampo yang sekarang akan melembabkan kulit kepala dan membantu membersihkannya.

3. Menggunakan terlalu banyak produk pada saat bersamaan

Ada perempuan yang menggunakan shampo, kondisioner, zat besi, dan serum pada hari yang sama. Menggunakan terlalu banyak produk pada rambut dan merawatnya dengan bahan kimia yang berbeda pasti akan merusak rambut \ dan ini jelas merupakan kesalahan yang harus  dihindari.

Usahakan juga untuk tidak menggunakan pengering terlalu lama dan usahakan mengeringkan rambut dengan handuk sesering mungkin. Gunakan pengering rambut hanya setelah handuk menyerap air dari rambut Anda sebanyak mungkin.

2 dari 2 halaman

4. Mengikat rambut terlalu kencang

Saat mengikat rambut menjadi kuncir kuda dan melakukannya dengan kencang, Anda membuat rambut dan akarnya berada di bawah banyak tekanan dan stres. Setelah beberapa saat mungkin akan mengalami sakit kepala karena mengikat rambut terlalu kencang.

Tarik rambut ke atas dan ikat dengan karet gelang yang tidak terlalu ketat tetapi tetap dapat menahan rambut dengan benar. Kuncir dan simpul yang parah mungkin terlihat bagus untuk sementara waktu, tetapi buruk untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang.

5. Sering mewarnai rambut

Cobalah untuk menghindari mewarnai rambut karena bahan kimia dalam pewarna tidak hanya mempengaruhi rambut tetapi juga dapat mempengaruhi kulit. Namun jika akan mewarnai rambut, pastikan Anda melakukannya sesekali dan hanya jika benar-benar diperlukan.

Sering mengubah warna rambut akan menyebabkan rambut terpapar banyak bahan kimia. Ini akan merusak struktur rambut dengan cara yang sama seperti pengeritingan dan pelurusan kimiawi. Tentukan warna dan pertahankan selama mungkin untuk menyelamatkan rambut Anda.

Rambut akan memainkan peran penting dalam penampilan. Cara mempertahankannya juga menunjukkan banyak hal tentang kepribadian Anda.

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK