Sukses

Jangan Ragu Berpergian, 5 Manfaatnya demi Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta Wabah pandemi Covid-19 telah membuat orang untuk membatasi interaksi sosialnya. Di mana interaksi lebih banyak dilakukan melalui telepon atau chat melalui gawai tidak bertatap secara langsung.

Selain terbatasnya interaksi sosial, kebanyakan pekerjaan dilakukan dari rumah dan aktivitas yang dilakukan juga lebih minim sehingga tidak sedikit orang yang merasa lelah dan dapat berujung terganggu kesehatan mentalnya.

Oleh karena itu berpergian walaupun hanya melihat pemandangan ataupun yang hijau-hjau adalah salah satu cara yang tepat untuk kesehatan mental.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Senin (9/11/2020) berikut adalah beberapa manfaat kesehatan mental dari berpergian:

1. Berpergian berfungsi sebagai pereda stres

Istirahat dan berpergian dari kerjaan yang menumpuk sangat penting agar pikiran merasa rileks dan segar kembali. Dengan melakukan perjalanan sehingga dapat mengurangi situasi kerja yang penuh tekanan.

 

 

2 dari 3 halaman

Manfaat selanjutnya

2. Berhubungan kembali dengan pengembangan diri

Menjelajahi tempat baru dapat mengajarkan orang lebih banyak tentang diri mereka sendiri. Dengan menemukan tempat baru, dapat membantu Anda untuk menilai kembali, menemukan kembali dan mengevaluasi kehidupan.

Pelajaran yang didapat saat berpergian memungkinkan orang untuk memperluas perspektif mereka dan memahami budaya yang berbeda.

Selain itu menemukan tempat baru adalah awal dari transisi karena dapat membantu Anda untuk berinteraksi dengan orang di sekitar, memberi tujuan dan membuat lebih mandiri.

3. Menumbuhkan kebahagiaan

Dengan berpergian dapat membantu menyegarkan otak dari pekerjaan, kesibukan, meningkatkan kepercayaan diri dan membuat hidup terasa lebih memuaskan saat belajar dari pengalaman baru.

Penelitian menemukan bahwa mempelajari hal baru dan menjelajahi tempat baru dapat menjadi sumber kebahagiaan karena dapat memberikan Anda sesuatu yang baru untuk dinantikan.

4. Memungkinkan Anda fokus untuk menjadi tangguh

Bertahan dalam situasi sulit dan pergi ke tempat baru yang menarik dapat memperkuat keadaan emosional dan mental Anda.

Keluar dari zona nyaman, berhadapan dengan orang asing membuat Anda kuat secara emosional, mandiri dan lebih sabar. Dengan melakukan perjalanan mengajarkan Anda untuk menerima situasi dengan tenang dan lebih tahan banting.

5. Mengembangkan kreativitas

Dengan berpergian dapat merangsang kreativitas yang mendalam saat Anda terlibat dengan budaya lokal yang dapat meningkatkan produktivitas. Dengan merencanakan perjalanan dengan baik dapat meningkatkan kreativitas, ikut serta dalam kegiatan, menikmati hal baru.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: