Sukses

Cara Mudah Menentukan Kualitas Telur, Masih Layak Dikonsumsi atau Tidak

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda penyuka telur? Lakukan tes singkat berikut untuk memeriksa kualitas telur yang Anda makan. Mungkin terdengar agak rumit, tetapi telur juga bisa basi dan mudah membusuk.

Kita tidak bisa menyangkal bahwa memasak telur adalah cara makan paling mudah sekaligus memiliki manfaat kesehatan, ditambah tentunya mengenyangkan. Tetapi tahukah Anda bahwa telur rentan terhadap kontaminasi dan perkembangan bakteri seperti infeksi Salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Baru-baru ini, MyGovIndia memposting di Twitter mereka tentang cara cepat nan sederhana untuk menentukan kualitas telur. Dengan melakukan uji coba ini, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasak telur pilihan Anda, dilansir dari TimesofIndia.

1. Ambil mangkuk atau toples kaca berisi air.

 

2 dari 3 halaman

2. Lalu celupkan telur ke dalam air.

Jika telur langsung tenggelam ke dasar dengan posisi tidur, berarti masih segar. Namun jika telur mengambang, maka telur tersebut sudah basi atau sudah lama/tua.

Telur yang mengapung ke permukaan (padahal telur tersebut belum direbus) terjadi karena kantong udara di dalam telur membesar.

Tips sederhana ini dapat membantu Anda dalam memeriksa kualitas telur sebelum mulai memasak.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), setiap orang disarankan untuk mengonsumsi telur yang segar dan tidak terlalu tua karena dapat meningkatkan risiko infeksi Salmonella, yang sering menyebabkan sakit perut, kram, muntah, diare dan keracunan makanan.

Jadi, saat berkesempatan membeli telur, jangan lupa untuk memeriksa kualitas telurnya dengan metode sederhana ini sebelum membuat hidangan dengan telur tersebut.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: