Sukses

Tips Agar Tubuh Menyerap Zat Besi dari Makanan

Liputan6.com, Jakarta Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beberapa fungsinya. Selain produksi hemoglobin dalam darah yang dibutuhkan untuk pengangkutan oksigen di berbagai bagian tubuh, zat besi membantu menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku Anda.

Bahkan selain menjadi mineral penting, nyatanya masih banyak orang di seluruh dunia yang menderita masalah anemia defisiensi besi. Wanita yang termasuk dalam kelompok usia menstruasi lebih rentan mengalami defisiensi ini dibandingkan dengan yang lain.

Dalam sebuah hasil survei, terdapat sekitar 20 persen wanita, 50 persen wanita hamil, dan 3 persen pria tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuh mereka. Gejalanya beragam, termasuk kelelahan, pusing, sakit kepala, kepekaan terhadap dingin dan sesak napas, dilansir dari TimesofIndia.

Maka dari itu menjelaskan betapa pentingnya mencukupi kebutuhan zat besi, salah satunya dari makanan yang Anda konsumsi.

Terdapat dua sumber makanan yang mengandung zat besi: berbasis tumbuhan dan berbasis hewan.

Sumber zat besi berbasis hewan adalah sumber zat besi terbaik. Sedangkan sumber zat besi berbasis tumbuhan tidak diserap secara efisien oleh tubuh.

 

2 dari 4 halaman

Tips agar tubuh mudah menyerap zat besi

Membuat perubahan tertentu dalam menu sehari-hari dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan berbasis tumbuhan, Berikut ini tips agar tubuh mudah menyerap zat besi.

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada lemon, paprika, dan tomat jika digabungkan dengan makanan bernutrisi zat besi dapat meningkatkan proses penyerapannya.

2. Vitamin A dan Beta-karoten

Sumber makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel dan aprikot juga baik untuk membantu menyerap zat besi.

3. Phytate

Mengonsumsi asam phytic berbarengan dengan makanan kaya zat besi dapat menurunkan penyerapan nutrisinya.

4. Kafein dan Tanin

Minum kopi dan teh jelang waktu makan juga dapat menghambat penyerapan zat besi.

Adapun rekomendasi kecukupan kebutuhan asupan zat besi harian yaitu:- Pria harus mengonsumsi 8,7 mg/hari - Wanita harus mengonsumsi 14,8 mg/hari

3 dari 4 halaman

Infografis Obesitas

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini: