Sukses

8 Khasiat Aloe Vera untuk Kecantikan

Aloe vera atau tanaman lidah buaya sering menjadi tanaman hias favorit bagi banyak orang. Namun kini, menjadi populer dikalangan milenial.

Liputan6.com, Jakarta Aloe vera atau tanaman lidah buaya sering menjadi tanaman hias favorit bagi banyak orang. Namun kini, menjadi populer dikalangan milenial. 

Aloe vera sendiri sudah ada sejak lebih dari 2000 tahun silam, dan telah menjadi obat mujarab yang dipercaya oleh para ilmuwan Yunani serta menjadi tanaman keabadian oleh orang Mesir.

Meskipun kematian tidak bia dihindari, namun aloe vera memiliki segudang manfaat. Seperti untuk kecantikan, dokter kulit Lian A. Mack, MD menyebut lidah buaya sebagai "agen penyembuhan alami" berkat banyaknya kandungan antioksidan, enzim, dan vitamin A dan C. Nama aloe vera berasal dari bahasa Arab "Alloeh" berasal dari Semenanjung Arab dan dulunya digunakan sebagai keperluan medis pada zaman Mesir kuno.

Tanaman aloe vera tumbuh subur di tanah kering dan pada iklim yang tidak stabil. Sehingga dikenal juga untuk membantu menjaga kulit tetap bersih dan terhidrasi. Namun perlu diingat bahwa kemungkinan beberapa orang mengalami reaksi alergi kulit akibat hipersensitivitas. Sehingga ada baiknya jika Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu, saran Dr. Mac.

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan manfaat yang diberikan oleh aloe vera, tidak ada salahnya mencoba. Berikut ini 8 khasiat utama dari aloe vera, dilansir dari Women's HealthMag.

1. Pelembab wajah

Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan air yang banyak pada aloe vera menjadikannya tanaman yang dapat menghidrasi kulit. Jika dikombinasikan dengan tanaman tertentu yang mengandung karbohidrat kompleks, sifat penyembuh aloe vera juga juga membuatnya ideal untuk melembabkan kulit saat cuaca panas, kata Dr. Mack.

2. Jerawat

Dr. Mack juga mengatakan kalau aloe vera dapat membantu mengobati jerawat, tetapi khusus untuk jerawat di permukaan (whitehead) daripada jerawat kistik atau dalam. Jadi, jika Anda memiliki whitehead, cobalah mengoleskan gelnya untuk menurunkan peradangan.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Penghapus make-up

Dr. Mack suka menjadikan aloe vera sebagai alternatif pengganti penghapus riasan wajah berbasis minyak. "Kulit di wajah kita, terutama di sekitar mata kita, dianggap sebagai salah satu bagian kulit yang paling halus di seluruh tubuh kita. Karena kelembapannya, lidah buaya mampu dengan mudah dan lembut menghapus make-up."

4. Luka pada puting bagi ibu menyusui

Karena aloe vera diketahui dapat menenangkan kulit, jika dioleskan pada puting yang terluka akibat menyusui membantunya pulih dan jika bayi tidak sengaja menelannya juga tidak apa-apa, kata Dr. Mack.

5. Kulit yang rusak

Kondisi kulit seperti Psoriasis dan Eksim biasanya disebabkan oleh kecacatan pada pelindung kelembaban kulit atau dipicu oleh infeksi internal seperti radang, cuaca dingin, dan cedera kulit, kata Dr. Mack. Kemampuan menghidrasi dari aloe vera dapat membantu merawatnya.

6. Setelah bercukur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aloe vera paling sering digunakan untuk meredekan kulit terbakar dan luka pada kulit tubuh, termasuk luka yang sering terjadi akibat bercukur. Aloe vera dapat memberikan bantuan sementara, khususnya setelah bercukur di area miss V yang cenderung menyulitkan bagi kebanyakan wanita.

7. Mata Panda

Kemampuan aloe vera dalam mengurangi peradangan dan sifat antioksidannya yang kuat juga bisa membantu menghilangkan bengkak di bawah mata Anda. Oleskan gel nya di sekitar area mata untuk meningkatkan sirkulasi, membuang cairan yang menumpuk, dan mengurangi pembengkakan. Jika Anda menempatkan gel nya di lemari es sebelumnya, akan menambah efek sejuk.

8. Gigitan serangga

"Aloe vera yang dikombinasikan dengan hidrokortison dapat mengobati luka akibat gigitan serangga. Ini menenangkan area kulit yang meradang dan efek hidrokortison untuk menghentikan gatal," kata Dhaval Bhanusali, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.