Sukses

Cek, Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Tulang

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kita membutuhkan tulang yang kuat dan padat sebagai penopang tubuh. Kita membutuhkan banyak nutrisi, terutama vitamin D dan kalsium untuk membantu menjaga tulang kita tetap sehat.

Kalsium sangat penting untuk kontraksi otot, aktivasi oosit(sel terbesar dalam tubuh), tulang dan gigi yang kuat, sementara Vitamin D membantu menyerap kalsium dalam tubuh. Selain itu, vitamin K, vitamin C, magnesium, dan fosfor adalah beberapa nutrisi lain yang diperlukan untuk kesehatan tulang kita.

Berikut ini sumber makanan yang baik untuk kesehatan tulang, seperti dilansir Times of India:

1. Kedelai

Kedelai bisa menjadi sumber protein dan kalsium yang baik dan ramah untuk tulang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Missouri di Columbia menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk berbasis kedelai dapat membantu memperkuat tulang pada wanita pascamenopause.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sesuatu yang harus Anda sertakan dalam diet Anda. Sayuran seperti kangkung, brokoli, dan bayam dikemas dengan berbagai jenis nutrisi sehat, yang tidak hanya baik untuk kesehatan tulang Anda tetapi juga mencegah penyakit kronis lainnya.

3. Biji Labu

Biji labu adalah sumber magnesium yang baik dalam membantu pembentukan tulang. Asupan magnesium yang tinggi meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Bijinya juga mengandung lemak sehat yang mengurangi peradangan dan menjaga kekuatan tulang.

4. Sarden

Ikan memang baik dikonsumsi untuk tubuh. Sedangkan sarden dalah sumber yang kaya kalsium, Vitamin D, Vitamin B12 dan mineral pembentuk tulang lainnya seperti fosfor dan seng.

 

2 dari 2 halaman

Makanan terburuk untuk tulang

Adapun beberapa makanan yang perlu Anda hindari demi tulang kuat dan sehat, yaitu:

1. Makanan Asin (tinggi natrium)

Makanan dengan kandungan natrium tinggi dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan juga tidak baik untuk tulang Anda. Sodium memengaruhi jumlah keseimbangan kalsium dalam tubuh dengan meningkatkan ekskresinya.

2. Kafein

Anda mungkin merasa berenergi setelah minum kafein, tetapi perasaan itu akan hilang setelah beberapa saat. Telah ditemukan bahwa orang yang minum lebih dari 300 miligram kopi setiap hari menderita keropos tulang.

3. Soda

Minuman bersoda mengandung banyak gula dan fosfor yang dapat merusak gigi dan tulang Anda. Cobalah untuk menghindarinya sebanyak mungkin. Dalam suatu penelitian pada tahun 2006, minuman berkarbonasi ini dikaitkan dengan kepadatan tulang yang rendah pada wanita yang lebih tua.