Sukses

Jangan Asal, Simak 5 Tips Diet Sehat

Liputan6.com, Jakarta Diet yang sehat dan seimbang akan memberikan banyak manfaat bagi siapapun. Apa yang dimakan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, serta seberapa besar kemungkinan mengembangkan masalah kesehatan di kemudian hari. Ini termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Bahan-bahan yang tepat dari diet sehat akan tergantung pada faktor-faktor yang berbeda seperti berapa usia dan seberapa aktif kita, serta jenis makanan yang tersedia di masyarakat tempat tinggal.

Ada beberapa tip makanan umum untuk membantu kita menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih lama, seperti mengutip laman WHO, Jumat (5/6/2020).

1. Makanlah beragam makanan

Tubuh kita sangat kompleks, dan (kecuali ASI untuk bayi) tidak ada makanan tunggal yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh bekerja sebaik mungkin.

Karena itu, diet harus mengandung beragam makanan segar dan bergizi agar kita tetap kuat.

2. Kurangi garam

Terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Kebanyakan orang di seluruh dunia makan terlalu banyak garam: rata-rata, warga dunia mengonsumsi dua kali lipat batas WHO yang direkomendasikan 5 gram (setara dengan satu sendok teh) sehari.

Bahkan jika kita tidak menambahkan garam tambahan dalam makanan kita, kita harus sadar bahwa garam itu biasanya dimasukkan ke dalam makanan atau minuman olahan, dan seringkali dalam jumlah tinggi.

 

2 dari 2 halaman

3. Kurangi lemak dan minyak tertentu

 

Kita semua membutuhkan lemak dalam makanan, tetapi makan terlalu banyak - terutama yang salah - meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan stroke.

Lemak trans yang diproduksi secara industri adalah yang paling berbahaya bagi kesehatan. Diet tinggi lemak semacam ini telah ditemukan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga hampir 30 persen.

4. Batasi asupan gula

Terlalu banyak gula tidak hanya buruk untuk gigi kita, tetapi meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis yang serius.

Seperti halnya garam, penting untuk mencatat jumlah gula "tersembunyi" yang bisa ada dalam makanan dan minuman olahan. Misalnya, satu kaleng soda dapat mengandung hingga 10 sendok teh gula tambahan!

5. Hindari penggunaan alkohol yang berbahaya dan berbahaya

Alkohol bukan bagian dari diet sehat, tetapi di banyak budaya perayaan dikaitkan dengan konsumsi alkohol yang berlebihan.

Secara keseluruhan, minum terlalu banyak, atau terlalu sering, meningkatkan risiko, serta menyebabkan efek jangka panjang seperti kerusakan hati, kanker, penyakit jantung dan penyakit mental.