Sukses

Awas, Diet Bisa Gagal Gara-Gara Minuman ini

Liputan6.com, Jakarta Pola makan menjadi kunci utama agar program diet dapat berhasil. Ternyata tidak cukup hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan minuman yang akan dikonsumsi karena sebagian minuman justru dapat menambah berat badan.

Minuman yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi dapat menggagalkan program diet Anda selama ini. Tentu saja, satu-satunya minuman yang tidak berdampak apa-apa pada tubuh adalah air putih.

Namun, Anda pasti bosan jika harus mengonsumsi air putih setiap hari. Sah-sah saja jika ingin mengonsumsi minuman lain, tetapi hindari jenis minuman di berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com, agar diet Anda tak gagal.

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi. Jika tidak diimbangi dengan olahraga, kedua kandungan ini akan berubah menjadi lemak pada tubuh.

Seorang pakar diet asal New York mengatakan jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan bertambah dua kali lipat apabila Anda mencampurkan makanan dengan minuman bersoda.

Daripada program diet gagal total, sebaiknya singkirkan minuman ini dalam kulkas Anda.

2. Es Teh Manis

Makan di kedai tanpa kehadiran es teh manis memang rasanya seolah tak afdal. Tapi tahukah Anda? Satu gelas es teh manis ternyata mengandung 20 gram gula dan 100 gram kalori.

Jika Anda minum 2-3 gelas per hari, bayangkan berapa banyak kalori dan gula yang sudah menumpuk di dalam tubuh? Sebagai gantinya, Anda bisa minum air putih, es tawar, atau es lemon tanpa tambahan gula.

2 dari 4 halaman

3. Jus Buah Kemasan

Jus apel, mangga, melon, atau stroberi mengandung berbagai vitamin yang menyehatkan tubuh. Tetapi tidak dengan jus yang dijual dalam bentuk kemasan. Jus kemasan dipercaya mengandung sari gula dan kalori yang cukup tinggi.

Jika Anda ingin beralih ke pola hidup yang sehat, buatlah sendiri jus buah di rumah. Jus yang Anda buat tentu lebih sehat karena berasal dari buah pilihan, terlebih lagi jika Anda tidak menambahkan gula di dalamnya. Maka jus buah sehat karya Anda makin terjamin.

4. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol, seperti bir, tequila, wine, dan whiskey juga tidak baik untuk tubuh. Minuman ini memang terasa nikmat di mulut, tetapi tidak nikmat bagi tubuh karena dapat menambah berat badan.

Secangkir minuman beralkohol mengandung 150 kalori. Maka tidak heran jika orang yang berprofesi sebagai seorang model dilarang keras mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika hendak mengikuti acara penting, seperti fashion show.

3 dari 4 halaman

5. Susu Full Cream

Susu termasuk dalam menu 4 sehat, 5 sempurna. Walaupun begitu, Anda dilarang keras mengonsumsi susu full cream jika sedang menjalankan program diet.

Satu kotak susu atau segelas susu mengandung lemak total dan lemak jenuh tinggi yang dapat mengagalkan program diet. Sebagai gantinya, Anda dapat minum susu yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti susu kacang kedelai.

6. Es Krim

Siapapun pasti sulit menolak sebungkus es krim, apalagi es krim yang memiliki tekstur lembut. Jika Anda bersikeras mengonsumsi es krim, Anda harus siap berat badan akan bertambah.

Sebungkus es krim mengandung lemak, gula, dan kalori yang tinggi karena terbuat dari bahan dasar yang bercita rasa manis.

Jika ingin mengonsumsi es krim, sebaiknya pilih es krim yang terbuat dari buah-buahan tanpa campuran susu, gula, cokelat, dan pemanis buatan lainnya.  

4 dari 4 halaman

7. Kopi

Kopi paling cocok dikonsumsi jika Anda ingin lembur mengerjakan tugas. Tetapi mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebih dapat membayakan kesehatan karena dapat memicu produksi adrenalin dan menaikkan berat badan.

Jadi, sangat tidak disarankan jika dikonsumsi oleh orang yang sedang mengikuti program diet. Kalaupun ingin minum kopi, sebaiknya konsumsi kopi hitam tanpa campuran bahan pemanis, seperti toping, whip cream, atau susu kental manis.

8. Cokelat Panas

Saat mampir ke kafe, Anda pasti sering menjatuhkan pilihan pada secangkir cokelat panas yang terasa menggigit di lidah.

Di balik kenikmatan yang Anda rasakan, cokelat panas dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Sebab cokelat panas mengandung gula dan garam yang bisa memengaruhi program diet. So, kurangi mengonsumsi cokelat panas. Pilihlah minuman yang lebih ringan dan menyehatkan bagi tubuh.

Lebih Selektif saat Memilih Minuman 

Sekarang saatnya untuk lebih selektif saat meminum sesuatu. Pilih minuman yang tidak hanya enak di mulut saja, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Hindari jenis-jenis minuman di atas jika Anda benar-benar mengidamkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat. Imbangi dengan olahraga dan pola makan yang sehat agar proses penurunan berat badan semakin cepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Selain Diet, Apa yang Dilakukan Adele untuk Turunkan Berat Badan?
Artikel Selanjutnya
Tahukah? Hal Sepele ini Bikin Tes SIM A Bisa Gagal