Sukses

Ahli Diet Ungkap 6 Kiat Langsing Paling Sehat

Liputan6.com, Jakarta Pastinya setiap wanita bahkan pria ingin memiliki tubuh yang ideal dan sehat. Bisa jadi selama ini Anda telah berusaha untuk mewujudkannya, namun belum membuahkan hasil.

Kadang terdapat kekeliruan masyarakat yang akhirnya tetap diterapkan dalam manajemen penurunan berat badan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kiat-kiat penurunan berat badan di bawah ini berdasarkan pendapat ahli, seperti dilansir dari Health:

1. Mengonsumsi Lebih Banyak Sayuran

Sayuran yang tidak mengandung zat tepung, seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, kubis, kembang kol, tomat, paprika, jamur, dan bawang merah akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan serat, prebiotik, dan antioksidannya telah terbukti mengurangi peradangan, pemicu obesitas, dan mengubah susunan bakteri usus dengan cara meningkatkan kekebalan dan kesehatan mental Anda. 

2. Minum Lebih Banyak Air

Air sangat dibutuhkan untuk setiap proses dalam tubuh, termasuk sirkulasi yang sehat, pencernaan, dan pembuangan limbah. Minum air sebelum makan juga telah terbukti secara alami mengurangi posi makan yang dapat membantu Anda mencegah makan secara berlebihan.

2 dari 4 halaman

3. Buat Jurnal Makanan

Membuat jurnal makanan mungkin terdengar aneh, tetapi penelitian telah membuktikan bahwa hal itu berhasil menurunkan berat badan. Sebuah penelitian dari Kaiser Permanente's Center fot Health Research, menunjukkan bahwa menyimpan buku harian makanan dapat melipatgandakan penurunan berat badan seseorang. Anda juga dapat membuat jurnal makanan di telepon genggam Anda. Hal ini seperti yang dilansir dari Foxnews.

4. Pilih Camilan yang Sehat

Anda dapat memilih camilan yang menyediakan campuran protein dan serat untuk menstabilkan kadar gula darah dan menjaga rasa lapar. Anda dapat memilih camilan sehat, seperti apel, mentega almond, yogurt polos dengan buah beri, atau biskuit berserat tinggi.

Untuk memberikan pengaruh yang lebih terlihat, Anda dapat menambahkan makanan yang pedas karena terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa makanan pedas dapat membantu Anda mempercepat metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

3 dari 4 halaman

5. Makan Lebih Banyak Kacang

Kacang merupakan sumber karbohidrat, protein, dan serat yang sangat baik untuk memperlambat proses pencernaan sehingga membantu Anda tetap kenyang lebih lama.

6. Tidur yang Nyenyak

Kendala yang sering diabaikan dalam manajemen berat badan adalah tidur. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam semalam.

Selain itu, terdapat studi yang menunjukkan semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk tidur, semkain besar juga kemungkinan Anda merasa lapar. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan waktu untuk tidur dengan cukup sehingga berhasil menurunkan berat badan Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading