Sukses

Ingin Rambut Berkilau? Cobalah Konsumsi Ini

Liputan6.com, Jakarta Shampo, kondisioner, minyak, dan serum segala cara yang mungkin kamu coba untuk membuat rambutmu berkilau. Tapi, hanya rambut sehat yang dapat berkilau. Agar rambut dapat sehat menyeluruh, kamu harus mengkonsumsi makanan kaya nutrisi.

Gaya hidup yang menetap termasuk diet yang penuh lemak dan kalori hanya akan memperburuk kesehatanmu dan memengaruhi kualitas dan keindahan rambut.

Cara terbaik dan termudah untuk memiliki kualitas rambut yang bagus adalah dengan makan makanan yang seimbang. Melansir dari mag for woman, inilah 6 makanan untuk rambut berkilau.

1. Telur

Salah satu makanan terbaik untuk rambut adalah telur. Karena terbuat dari keratin dan protein, rambut membutuhkan diet kaya protein untuk kesehatannya.

Ini dipenuhi dengan vitamin B12, protein, sulfur, zat besi, seng, dan selenium, telur membantu menjaga sistem saraf yang sehat. Ini akan mencegah rambut rontok dan membantu membawa oksigen ke folikel rambut.

2. Salmon

Pertumbuhan rambut membutuhkan asam lemak, yang tidak bisa dibuat oleh tubuh kita. Karenanya makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 harus dikonsumsi untuk pertumbuhan rambut.

Salmon adalah sumber asam lemak, vitamin B12, zat besi dan vitamin D, yang semuanya dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

3. Wortel

Wortel, penuh dengan vitamin A, memainkan peran penting dalam mencegah kerontokan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Wortel membantu dalam mempertahankan minyak alami di rambut dan memberikan tekstur yang mengkilap.

 

2 dari 2 halaman

4. Tiram

 

Tiram yang mengandung seng sangat bermanfaat untuk perawatan rambut. Kekurangan seng dalam makanan menyebabkan kulit kepala kering dan bersisik seiring dengan masalah rambut rontok. Tiram juga kaya protein yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

5. Unggas

Daging tanpa lemak seperti ayam dan kalkun adalah sumber protein yang bagus, penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan rambut.

Jika kamu tidak memiliki masalah kolesterol, kamu bisa makan satu kuning telur sehari. Kuning telur adalah sumber protein dan vitamin B12 terbesar yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut.

6. Sayuran hijau

Sebum yang memproduksi vitamin A dan C dapat ditemukan dalam sayuran hijau. Sebum adalah kondisioner rambut alami yang diproduksi oleh tubuh, sehingga sangat penting untuk mendapatkan dosis vitamin yang tepat. Kamu bisa makan sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, brokoli, collard green, lobak hijau dan selada air yang juga kaya kalsium dan zat besi untuk rambut sehat dan berkilau.

 

Reporter : Helena Yupita

Loading
Artikel Selanjutnya
Banyak Makan Sayuran Bisa Mencegah Kanker
Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Menakjubkan Konsumsi Sayur dan Buah Ungu