Sukses

Tips Menghemat Waktu Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak orang yang mengerti bahwa menghemat waktu sama pentingnya dengan menghemat uang. Kamu dapat menghasilkan uang kapan saja, asalkan bekerja keras.

Tetapi kamu tidak akan mendapatkan kembali waktu yang telah hilang. Waktu adalah salah satu hal yang tak tergantikan dan itu adalah konsep yang tidak semua orang memahami.

Banyak yang tidak mengerti bahwa ketika mereka membuang waktu atau terlambat, mereka tidak hanya kehilangan waktu mereka tetapi juga membuat orang lain kehilangan waktunya.

Alih-alih melakukan hal yang terburu-buru dan membuat orang lain berkeringat karena keterlambatanmu, kamu dapat lakukan hal sederhana ini untuk menghemat waktu setiap hari melansir dari mag for woman.

1. Bangun tepat waktu

Jangan membunyikan alarm setiap pagi hanya untuk mematikannya dan kembali tidur. Jika menyalakan alarm, kamu harus bangun segera setelah berdering.

Orang-orang selalu cenderung tidur berlebihan ketika mereka mematikan alarm. Ketika kamu bangun tepat waktu, kamu juga akan memiliki cukup waktu untuk melakukan hal lain yang dinginkan tanpa terburu-buru.

2. Memulai pekerjaan lain setelah pekerjaan utama selesai

Jangan mencoba melakukan semuanya pada saat yang bersamaan. Kamu hanya akan kehilangan waktu dalam proses. Jika ingin menghemat waktu, fokuskan perhatianmu pada satu proyek pada satu waktu dan jangan biarkan pikiranmu berkelana.

Mulai pekerjaan lain hanya setelah kamu menyelesaikan pekerjaan utama. Kamu harus disiplin jika ingin menghemat waktu saat bekerja.

3. Luangkan sedikit waktu saja untuk membuka ponsel

Banyak waktu terbuang setiap harinya ketika kita tergoda untuk membuka ponsel yang pada akhirnya malah menjelajah banyak hal pada internet atau media sosial yang tidak kita perlukan. Ponsel akan menyita banyak waktu ketika kita mengobrol dan mengirim pesan untuk waktu yang lama.

Jika kamu dapat menolak membuang waktu untuk gadgemu, kamu dapat menghemat banyak waktu dan menghabiskannya untuk sesuatu yang bermanfaat.

 

4.  Selesaikan pekerjaan rumah sebelum memulai sesuatu

Saat memulai pekerjaan dan kemudian menyadari bahwa kamu tidak siap, maka kamu harus melakukan pekerjaan rumah sebelumnya.

Menjerit pada menit terakhir dan menyesal hanya akan membuang banyak waktumu. Siapkan semua yang kamu butuhkan sebelum memulai pekerjaan rumah agar waktumu dapat digunakan dengan baik.

5. Simpan semua barang di tempat yang tetap

Ada statistik yang cukup mengkhawatirkan tentang berapa banyak waktu seseorang hilang setiap hari dan setiap tahun hanya mencari kunci. Jika kamu memiliki tempat tetap untuk menyimpan kunci, pastikan kamu meletakkannya di tempat yang sama setiap hari.

Hal yang sama berlaku untuk semua hal. Taruh semua barangmu bersama-sama dan letakkan di tempat yang sama sehingga kamu tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mencari barang. Menjaga barang di tempat yang sama juga akan membuat menghemat banyak waktu.

 

Reporter : Helena Yupita

Loading
Artikel Selanjutnya
Jakarta Banjir Lagi, Jangan Nekat Terabas Genangan Air yang Tinggi
Artikel Selanjutnya
4 Tips Hadapi Bos atau Rekan Kerja Menyebalkan