Sukses

Kecanduan Rokok? Coba Atasi dengan Makanan ini

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki perokok aktif sangat besar. Bukan hanya perokok laki-laki, banyak pula perokok perempuan.

Sebenarnya, para perokok mengetahui dampak negatif yang diakibatkan rokok. Namun mereka memilih abai akan hal tersebut.

Di Indonesia sendiri, dampak negatif merokok telah disampaikan secara masif. Salah satunya adalah melalui kemasan rokok itu sendiri. Di kemasan rokok, dijelaskan apa saja dampak yang ditimbulkan ketika seseorang merokok.

Banyak sekali perokok yang merasa kesulitan untuk berhenti merokok karena telah kecanduan. Sehingga ketika tidak merokok, akan terasa sangat kurang, bahkan tak jarang ada yang merasa pusing hingga stres. 

Satu kepulan asap rokok menghasilkan kurang lebih 7.000 zat beracun. Bisa dibayangkan, dalam sehari berapa jumlah zat beracun yang dihasilkan oleh asap rokok.

Alhasil, saraf pada lidah dan hidung menjadi bebal dan hanya mengenali zat-zat yang ada dalam rokok. Sehingga saat berhenti merokok, akan timbul keinginan yang berlebih yang tak jarang menyebabkan stres. 

Namun, bukan berarti tidak bisa untuk berhenti merokok. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok. Salah satunya adalah melalui makanan.

Biasanya, untuk menghindari hasrat merokok yang berlebihan, dapat diakali dengan menggunakan makanan ataupun camilan ringan.

Bila Anda kecanduan rokok dan ingin berhenti, coba atasi dengan makanan ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 4 halaman

1. Buah-buahan

Lidah perokok aktif akan adiktif terhadap zat-zat kimia rokok. Ketika berhenti merokok, memakan buah akan membantu untuk melupakan keinginan untuk kembali merokok. 

Buah yang mengandung serat, vitamin, dan antioksidan akan mambantu mengembalikan fungsi saraf-saraf lidah dan hidung seperti sebelumnya. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah secara rutin, akan menghilangkan zat-zat adiktif yang sebelumnya meracuni saraf-saraf lidah. 

Lantas apa semua buah dapat membantu? Ya, semua buah dapat membantu untuk berhenti dari candu rokok. Seperti buah pir, apel, pisang, jeruk, serta delima. Di dalam delima sendiri, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya ketika berkeinginan lepas dari candu rokok.

Menurut penelitian, delima dapat memerangi masalah-masalah yang diakibatkan dari rokok seperti tekanan darah serta detak jantung yang tak beraturan. Hal ini dikarenakan delima dapat membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah yang dapat memerangi masalah-masalah tersebut. 

2. Oatmeal 

Saat memulai untuk berhenti merokok, biasanya nafsu makan menurun secara drastis. Menurut penelitian, ketika seseorang berhenti merokok, nafsu makan akan turun hingga 50 persen. Hal ini karena saraf-saraf lidah yang sudah terbiasa dengan zat-zat adiktif rokok. 

Untuk mengakali hal tersebut, ada baiknya untuk mengkonsumsi oatmeal. Hal ini dikarenakan oatmeal dapat membuat perut tetap merasa kenyang lebih lama. Banyak cara untuk mengkonsumsi oatmeal. Mulai sebagai bubur, sereal ataupun sebagai snack

3 dari 4 halaman

3. Kacang-kacangan

Bukan rahasia lagi jika kacang memiliki banyak serat. Sama seperti oatmeal, mengkonsumsi kacang juga membuat perut tetap kenyang. 

Banyak sekali jenis kacang yang dapat dikonsumsi untuk menghindari rasa bosan. Seperti kacang kedelai, kacang polong, kacang tanah, dan kacang merah. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan kacang tidak diolah dengan cara digoreng. Selain itu, pastikan pula bahwa kacang tidak mengandung garam dan penyedap rasa yang berlebihan. 

4. Camilan yang Asin

Ketika seseorang berhenti merokok, hasrat merokok akan semakin besar. Maka tak jarang, untuk mengakalinya, mengkonsumsi camilan adalah salah satu solusinya. 

Mengunyah secara terus menerus akan menghindari keinginan untuk menghisap rokok. Bahkan beberapa orang mengatakan jika mengunyah camilan yang memiliki cita rasa gurih benar-benar ampuh untuk menghilangkan keinginan merokok. 

Keripik asin, popcorn asin, atau snack asin lainnya dapat menghilangkan zat-zat adiktif yang ada di lidah. Namun, ketika mengkonsumsi camilan asin, pastikan tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Karena garam ataupun butter pantang dikonsumsi berlebihan oleh orang-orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Nah, camilan apa yang Anda suka?

4 dari 4 halaman

5. Mengunyah Permen Karet

Bagi beberapa orang yang berhenti merokok, mengkonsumsi permen karet adalah hal yang sangat menyenangkan karena dapat mengalihkan keinginan untuk merokok, bahkan bisa mengurangi bau mulut.

Namun, untuk hasil yang lebih baik, perlu dipertimbangkan kandungan gula dalam permen. Ada baiknya jika mengkonsumsi permen karet sugar-free

Berhenti Merokok untuk Hidup yang Lebih Sehat

Berhenti merokok bukan hanya tentang hidup sehat saja, namun juga komitmen dengan diri sendiri. Banyak sekali perokok yang ingin berhenti merokok, namun di pertengahan, kembali merokok lagi. Dalam hal ini, komitmen yang kuat sangat dibutuhkan.

Jangan pernah menyerah untuk berhenti merokok walaupun dengan godaan yang sangat besar. Tetap berusaha dan jangan pernah menyerah untuk hidup sehat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-ruginya
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal Menabung, Ini Cara yang Benar Biar Lebih Untung