Sukses

Bikin Jerawat Tambah Banyak, Hindari 6 Kebiasaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya kulit berminyak, jerawat juga menjadi salah satu masalah kulit yang paling sulit ditangani bagi sebagian orang. Pasalnya, jerawat di wajar sering dianggap dapat mengganggu penampilan.

Memang, tak mudah untuk menghilangkan jerawat begitu saja. Apalagi jerawat bisa meninggalkan bekas di wajah yang juga dapat membuat banyak orang, khususnya wanita, merasa risih.

Faktanya, terdapat enam kebiasaan yang tanpa Anda tahu ternyata dapat membuat jerawat di wajah semakin banyak. Berikut enam hal yang bisa bikin jerawat tambah banyak dan bisa segera Anda hindari seperti dilansir dari laman boldsky.com, Selasa (12/11/2019):

1. Ponsel yang tak bersih

Wajah Anda memproduksi minyak dan keringat yang menempel saat sedang menerima panggilan telepon. Hal tersebut juga dapat membuat jerawat menjadi semakin banyak tumbuh di wajah. Telepon seluler (ponsel) yang kotor dapat menyebabkan bakteri menempel dan merusak wajah.

 

2 dari 6 halaman

2. Sering ganti produk pembersih wajah

Pastikan Anda selalu menggunakan produk yang cocok untuk jenis kulit Anda. Penting untuk melakukan tes sebelum enggunakan produk tertentu. Jangan lupa untuk mengecek apakah kulit alergi pada kandungan tertentu.

Saat berganti produk, bisa jadi Anda menggunakan produk yang salah dan membuat jerawat semakin banyak tumbuh.

 

3 dari 6 halaman

3. Tidak bersihkan wajah sebelum tidur

Setelah berkegiatan seharian, biasanya Anda malas membersihkan wajah sebelum tidur. Hati-hati, makeup yang tidak dibersihkan dapat memproduksi minyak berlebih dan memancing lebih banyak jerawat. Jangan pernah tidur dengan keadaan wajah masih penuh makeup.

 

4 dari 6 halaman

4. Terlalu sering membersihkan wajah

Membersihkan wajah tentu bagian yang penting untuk mengurangi jerawat. Tapi terlalu sering membersihkan wajah dapat memancing wajah memproduksi lebih banyak minyak dan membuat lebih banyak jerawat tumbuh di wajah.

 

5 dari 6 halaman

5. Stres

Stres juga dapat mengundang lebih banyak jerawat. Itu lantaran jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor fisik tapi juga mental.

Tingkatan stres dapat berdampak luar biasa pada kulit setiap kali Anda merasa banyak pikiran. Cobalah untuk berjalan cepat, meditasi, atau sekadar membaca buku untuk menenangkan pikiran.

 

6 dari 6 halaman

6. Mengorek jerawat

Kebanyakan orang yang berjerawat memiliki kebiasaan mengorek dan mencungkil jerawat saat jerawat baru tumbuh. Jika Anda juga melakukan kebiasaan tersebut, segera hentikan.

Mengorek jerawat sama sekali tidak membantu mengurangi jerawat di wajah. Sebaliknya itu hanya membuat semakin banyak jerawat di wajah. Jadi lain kali, tahan diri saat ingin mengorek jerawat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kondisi Jerawat Seperti Apa yang Perlu Penanganan Dokter?
Artikel Selanjutnya
Mengenal Istilah Lovebombing, Apa Itu?