Sukses

Banjir di Kampung Pulo Sudah Capai 1 Meter

Ketinggian banjir yang merendam kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, terus naik.

Ketinggian banjir yang merendam kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, terus naik. Hingga pukul 17.00 WIB, banjir di RW 02 dan 03 sudah mencapai 1 meter.

"Air sudah naik. Sekarang sudah sampai 1 meter tingginya," kata Budi, Ketua RT 03, RW 03, di Jakarta Timur, Sabtu (22/2/2014).

Selain karena hujan yang turun sepanjang hari ini, banjir di kawasan itu disebabkan meluapnya Kali Ciliwung. Warga sekitar telah berkoordinasi dengan Kelurahan Kampung Pulo sejak pukul 12.00 WIB tadi. Warga sudah bersiap karena ada peringatan kenaikan muka air di Bendungan Katulampa, Bogor.

"Pak lurah bilang Katulampa Siaga III. Depok juga masih hujan. Air bakal terus naik di Kampung Pulo. Kita udah kasih tahu semua warga kita yang jumlahnya 59 KK buat waspada dan siap untuk ngungsi," ujar Budi.

Sementara itu warga Kampung Pulo saat ini tengah sibuk mengamankan harta bendanya. Salah satunya Sani, warga Gang V, RT 03, RW 03, yang terlihat sibuk mengamankan barnag miliknya. "Air makin tinggi rumah saya udah kerendem. Airnya sepinggang lebih," ucap Sani.

Dia mengungkapkan, keluarganya saat ini sedang mengangkat barang-barang dari lantai satu ke lantai dua. Selain itu, dia juga tengah mengemas berbagai pakaian, persiapan untuk mengungsi.

"Kita lagi siap-siap buat ngungsi. Kalau air naik terus kita sudah pasti ngungsi. Padahal baru berapa minggu kita selesai beresin rumah. Sekarang banjir lagi," kata Sani.

Pantauan Liputan6.com, air masih menggenang beberapa gang wilayah Kampung Pulo. Air belum menggenang dan memutus akses Jalan Jatinegara Barat seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, saat Kali Ciliwung meluap.

Banjir mulai merendam pemukiman warga sekitar pukul 15.00 WIB. Ketinggian air berpotensi terus naik, dikarenakan hujan yang terus mengguyur hingga saat ini. (Eks/Ein)

Baca juga:
Pintu Air Karet dan Angke Hulu Siaga II
Grogol Banjir, Penumpang Transjakarta Dievakuasi
Kampung Pulo Kembali Banjir, Warga Mulai Evakuasi Motor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.