Sukses

[VIDEO] Rusak dan Berkarat, Bus Impor dari China Rekondisi?

Meski masih baru, sejumlah kerusakan ditemukan pada bus-bus yang didatangkan dari China. Padahal, bus-bus itu akan digunakan sebagai bus Transjakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (11/2/2014), sejumlah bus tidak layak jalan itu terparkir di pool bus Transjakarta seluas 8 hektare di Cawang, Jakarta Timur. Selain bus Transjakarta, sebagian bus kota terintegrasi busway atau BKTB yang baru dibeli dari China, juga belum dioperasikan.

Sekilas bus memang tidak bermasalah, semua tampak baru. Namun pada beberapa bagian seperti knalpot, tampak berkarat.

Memang. Belakangan ini, bus-bus impor dari China tersebut banyak dipertanyakan kualitasnya. Bahkan, muncul dugaan, sebagian dari bus-bus ini merupakan rekondisi alias bekas. Pihak Transjakarta menegaskan, bus baru yang rusak ini menjadi tanggung jawab Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Sejak akhir tahun lalu hingga awal tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimpor ratusan bus dari China. Terkait polemik ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi berjanji akan segera memeriksa kondisi bus yang dipermasalahkan tersebut. (Ans/Sss)

Baca juga:

Transjakarta (Baru) Karatan
Jokowi Tak Percaya Bus Berkarat karena Kelamaan di Kapal
Alasan Penjual Bus Transjakarta Karatan: Angin Laut Merusak