Sukses

Anggaran 2 Waduk di Bogor? Jokowi: Tinggal Meneruskan

Meski berencana membangun 2 waduk di wilayah Bogor, namun Jokowi belum mau menyebut berapa banyak anggaran yang akan dikeluarkan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo enggan berkomentar terkait berapa anggaran dana yang dikeluarkan Pemprov DKI terhadap pembangunan 2 waduk di Sukamahi dan Cipayung, Bogor, Jawa Barat untuk mengatasi permasalahan banjir di Ibukota.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu hanya menjelaskan mengenai pentingnya penanaman pohon di wilayah hulu sungai Ciliwung. Selain itu, permasalahan yang banjir terjadi saat ini merupakan tanggung jawab semua pihak, dan diperlukan adanya kerja sama unsur pemerintah dan masyarakat.

"Kita tidak usah membuat rencana-rencana apalagi, saya kira semua action-nya sudah dilakukan, tinggal bagaimana kita meneruskan dalam jumlah yang besar dari kerja sama semua pihak menyelesaikan permasalahan banjir," kata Jokowi saat melakukan penanaman pohon di Telaga Saat, Desa Tugu Selatan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/14).

Bupati Bogor Rachmat Yasin mengatakan, anggaran pembangunan 2 waduk tersebut hingga saat ini belum turun. Karena Pemprov DKI harus mempersiapkan perencanaan dan kebutuhannya secara matang. Pemkab Bogor juga harus memfasilitasi lokasi pembangunan waduk terlebih dahulu.

"Dan saya harus melakukan sosialisasi, serta saya harus mempersiapkan apa saja yang berkaitan dengan data pemilik, termasuk juga berapa kepala keluarga yang berada di sana. Selain itu juga harus ada appraisal (penilaian/penaksiran) juga kan," ujar Rachmat.

Renananya, pembangunan kedua waduk itu berada di Desa Cipayung dengan luas 107,3 hektar dan Desa Sukamahi sekitar 24,8 hektar. Pembebasan lahannya akan dibantu oleh Pemprov DKI Jakarta dan akan dilaksanakan pada awal 2015. (Adm/Sss)

Baca juga:

Dibantu Jokowi, Gubernur Aher: Rp 500 M untuk Pembebasan Lahan
Bupati Bogor: Tak Ada Warga Tolak 2 Waduk Baru Jokowi
Kurangi Banjir Jakarta, 2 Waduk Dibangun di Bogor-Depok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini