Sukses

Jokowi Serahkan Pengelolaan Terminal ke PT Transjakarta

Pemprov DKI tengah melakukan renovasi terhadap 18 terminal di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan renovasi terhadap 18 terminal di Jakarta. Begitu perbaikan selesai, belasan terminal dengan desain bangunan kolonial itu akan diserahkan pengelolaanya kepada Transjakarta yang nantinya berbentuk BUMD.

"Yang jelas semua terminal dirobohkan, bangun semua. Terminal itu nanti diserahkan ke BUMD Tansjakarta," ungkap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di kediamannya, Jalan Taman Suropati no. 7, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2014).

Dia mengharapkan, dengan dikelola langsung oleh PT Transjakarta, manajemen 18 terminal tersebut akan menjadi lebih baik.

Disamping itu pengalihan pengelolaan terminal ke PT Transjakarta, juga untuk menghindari adanya saling lempar tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi).

"Supaya pengelolaan terpadu dan terintegrasi. Tidak salah-salahan. Kalau semua otoritas jelas, siapa yang salah jadi gampang kelihatan," ujar Jokowi.

Ada 3 konsep terminal di Jakarta nantinya. Untuk terminal Angkutan Kota Angkutan Provinsi (AKAP), terminal Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Rawamangun, dan Kalideres. Keempat terminal itu berkonsep Mezzanine yaitu memisahkan jalur penumpang dengan jalur bus.

Kemudian terminal angkutan dalam kota, yaitu terminal Muara Angke, Tanjung Priok, Ragunan, Pasar Minggu, Kota, Tanah Merdeka, dan Klender memiliki konsep Crossing atau jalur bus dan penumpang saling bersebrangan.

Kemudian terminal yang menggunakan konsep kombinasi Mezzanine dan Crossing, yaitu terminal Manggarai, Lebak Bulus, Grogol, Pinang Ranti, Kampung Melayu, dan Senen. (Luq/Riz)

Baca Juga:

Jokowi Gelontorkan Rp 5 Triliun Beli 4 Ribu Bus Baru
Jokowi Terima Sumbangan 10 Bus Transjakarta dari Pengusaha
DPRD DKI Desak Jokowi-Ahok Bentuk BUMD Transjakarta



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

Video Terkini