Sukses

Serahkan 10 Ribu Sertifikat Tanah di Banyuwangi, Jokowi Harapkan Masyarakat Lebih Produktif

Dengan sertifikat tanah ini diharapkan dapat membuka peluang bagi masyarakat. Salah satu peluangnya adalah sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha dan masyarakat lebih produktif.

Liputan6.com, Banyuwangi - Presiden Jokowi menyerahkan sepuluh ribu sertifikat tanah kepada masyarakat Banyuwangi di 17 desa melalui Kementerian ATR/BPN. Sertifikat tanah yang diserahkan oleh Presiden Jokowi ini disambut dengan baik oleh masyarakat.

"Di Banyuwangi sepuluh ribu sertifikat ini telah diserahkan kepada masyarakat," kata Jokowi di Gor Tawang Alun Banyuwangi pada Selasa (30/4/2024).

Redistribusi tanah ini adalah bekas lahan hutan yang diberikan kepada rakyat yang sudah tinggal berpuluh-puluh tahun. " Di Banyuwangi ada sampai 80 tahun, belum punya sertifikat," tambah Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa Banyuwangi menjadi kabupaten dengan realisasi sertifikat terbanyak di Indonesia.

Dengan sertifikat tanah ini diharapkan dapat membuka peluang bagi masyarakat. Salah satu peluangnya adalah sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha dan masyarakat lebih produktif. "Dengan sertifikat, bisa dijadikan jaminan ke bank untuk pinjaman dana usaha, entah untuk tanam jagung atau tanam padi," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.