Sukses

Ketinggian Air di Katulampa Turun, Status Siaga 4

Cuaca cerah di Bogor, Jawa Barat, hari ini telah menurunkan ketinggian air Bendungan Katulampa menjadi 70 cm atau level Siaga 4.

Tingginya curah hujan selama 3 hari membuat ketinggian air di Bendungan Katulampa merangkak naik. Namun, cuaca cerah hari ini telah menurunkan ketinggian air menjadi 70 centimeter atau level siaga 4 di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat tersebut.

Kepala Pengawas Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, ketinggian air yang semula 80 cm mulai turun sejak pukul 15.00 WIB.

"Tadi malam masih di angka 110 cm, namun sejak pagi berangsur menurun," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (22/1/14).

Menurut Andi, pada angka 70 cm tersebut, volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung diperkirakan sebanyak 68 ribu liter per detik. Namun demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok serta Jakarta untuk terus memantau naik turunnya volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung harus tetap berhati-hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrem," imbaunya.

Sementara pantauan Liputan6.com di Bendungan Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 17.00 WIB cerah berawan. Kondisi tersebut dimanfaatkan warga untuk datang melihat bendungan tersebut. Banyak warga yang datang hanya sekadar ingin melihat derasnya air dan berfoto. (Ado/Ein)

Baca juga:

[VIDEO] Jakarta Sangat Berkabut, Waspada Banjir Kiriman Bogor
Air di Ciliwung Depok Siaga II, Banjir Ancam Kepung Jakarta
Air di Katulampa Naik Drastis Jadi 170 Cm, Status Siaga II
Banjir Jakarta Jadi `Taruhan Berat` Jokowi Disorot Dunia
Hujan Deras, Pintu Air di Jakarta Naik Level Siaga II dan III

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini