Sukses

Mark Zuckerberg Lepas Saham Facebook senilai Rp 28 Triliun

Dengan dijualnya saham ini maka akan mengurangi hak suara Zuckerberg dari 58,8 % menjadi 56,1 %.

Pendiri situs jejaring sosial dan CEO Facebook Inc. Mark Zuckerberg akan menjual 41,4 juta saham senilai US $ 2,3 miliar atau setara Rp 28 triliun kepada publik di New York, Amerika Serikat, Kamis (20/12/2013). Hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk membayar tagihan pajak. Dan juga sebagai bagian dari tawaran oleh situs jejaring sosial itu sebanyak 70 juta saham Kelas A umum.

Saham Facebook tahun ini yang berjumlah 2 kali lipat, nilainya turun 4 persen pada US $ 53,54 atau setara Rp 64 juta sebelum waktunya. Dengan dijualnya saham ini maka akan mengurangi hak suara Zuckerberg dari 58,8 % menjadi 56,1 %. Pihak perusahaan mengatakan dalam sebuah pengajuan pada hari Kamis .
 
Facebook mengatakan mereka berharap Zuckerberg dapat menggunakan sebagian hasil penjualan untuk memenuhi pajak yang berhubungan dengan pelaksanaan opsi untuk membeli 60 juta saham Kelas B.

Setiap kelas saham A berhak atas satu suara, sementara saham Kelas B berhak atas 10 orang dan dapat dikonversikan setiap saat ke dalam satu kelas saham A.

Anggota Dewan Marc Andreessen juga akan menjual 1,65 juta lembar saham Kelas A, sedangkan Facebook akan menjual 27 juta lembar sahamnya. JP Morgan, BofA Merrill Lynch, Morgan Stanley dan Barclays, dikabarkan bergabung bersama Bookrunners untuk mengambil tawaran tersebut. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini