Sukses

Dituding Kampanye PKS, Anis Matta Didemo Mahasiswa UIN Pekanbaru

menuding Anis Matta mendompleng kegiatan mahasiswa untuk kampanye politik PKS jelang Pemilu 2014.

Kedatangan Presiden PKS Anis Matta ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) di Pekanbaru, Riau, Sabtu (14/12//2013), disambut demonstrasi puluhan mahasiswa. Massa menuding kehadiran Anis Matta untuk berkampanye di dalam kampus.

Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiwa Peduli UIN SUSKA (Gumpika) berunjuk rasa di depan gedung pusat kegiatan mahasiswa. Sedianya, Anis datang sebagai pembicara dalam seminar kebangsaan di kampus tersebut. Mereka menuding Anis Matta mendompleng kegiatan mahasiswa untuk kampanye politik PKS jelang Pemilu 2014.

Para mahasiswa sempat menghadang mobil Anis Matta yang masuk ke kampus. Situasi sempat memanas karena aktivis Gumpika dihalau panitia seminar yang juga mahasiswa. Alhasil, sesama mahasiswa UIN SUSKA saling dorong. Bentrokan dapat dihindarkan karena kedua pihak saling menahan diri.

Anggota panitia seminar mengatakan tidak mempersoalkan protes yang dilakukan rekan-rekannya tersebut karena merupakan hak untuk menyampaikan pendapat.

"Tapi mereka tidak mengerti kalau acara ini bukan untuk kampanye Anis Matta," katanya.

Anis Matta yang pernah diperiksa KPK terkait suap impor daging di Kementerian Pertanian itu akhirnya tetap menghadiri seminar. Dalam paparannya ia memaklumi demonstrasi tersebut sebagai kesalahpahaman. Ia mengakui kedatangannya ke kampus rawan memicu tuduhan adanya motif kampanye politik praktis.

"Kedatangan saya bukan sebatas politik, namun yang terpenting adalah untuk berdialog dengan mahasiwa agar di masa depan nanti akan ada pemimpin negara yang bisa lahir dari kampus ini," ujar Anis. (Ant/Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini