Sukses

Wakil Walikota Ikut Razia Perokok di Jakarta Timur

Sekitar 20 petugas gabungan dari Satpol PP, Kantor Lingkungan Hidup Jakarta Timur, dibantu Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur berkeliling.

Pemerintah Kota Jakarta Timur melakukan razia ke beberapa tempat yang menjadi lokasi larangan merokok. Warga yang masih merokok di lokasi itu jadi sasaran petugas.

Sekitar 20 petugas gabungan dari Satpol PP, Kantor Lingkungan Hidup Jakarta Timur, dibantu Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur berkeliling lokasi mencari warga yang masih merokok.

Lokasi pertama, petugas menyasar warga di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Puluhan petugas berkeliling ke setiap sudut stasiun. Namun, petugas tidak mendapati satu pun warga yang merokok di area stasiun.

Operasi berlanjut ke Jakarta Gem's Center atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Rawa Bening. Petugas mulai menyisir pasar yang terkenal dengan penjualan berbagai batu mulia.

Razia yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murab, akhirnya mendapati salah seorang warga yang merokok di dalam gedung.

"Mas, di sini kawasan dilarang merokok. Jadi jangan merokok. Kalau mau merokok silakan di luar, kan buat kesehatan kita juga," kata Husein.

Kaget disatroni banyak petugas, warga yang mengenakan baju merah itu spontan menjatuhkan rokoknya dan menendang puntung rokok ke sela-sela etalase. Warga yang juga berdagang di situ pun diminta mengambil puntung rokok itu.

Mendapat teguran, warga hanya mengangguk-ngangguk. "Baik pak, terima kasih." Mereka pun akhirnya berjabat tangan.

Setelah berhasil mengambil, rokok itu kemudian dimatikan dengan mencelupkan puntung rokok ke sebuah botol berisi air. Operasi berlanjut hingga ke lantai 2 pasar. Mereka yang tertangkap merokok, langsung didata oleh petugas dan diberi pengarahan. (Yus/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.