Sukses

SBY: Ada yang Bawa Masalah Ekonomi ke Politik

Presiden SBY menyayangkan adanya pihak-pihak yang membawa-bawa persoalan ekonomi ke arena politik.

Presiden SBY menyayangkan adanya pihak-pihak yang membawa-bawa persoalan ekonomi ke arena politik. Apalagi kalau persoalan ekonomi yang disebutkan itu tidak dilengkapi dengan data yang akurat.

"Di luar sana memang ada orang-orang yang peduli pada perekonomian kita saat ini dan dia juga paham betul. Tapi ada juga yang memang dibawa ke arena politik, tidak murni ekonomi. Maklum tahun depan sudah pemilihan umum dan pilpres," ujar SBY dalam pidato pengantar saat membuka Rapat Kabinet Paripurna bidang ekonomi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Karena sudah di luar konteks, SBY pun mengimbau para menteri terkait untuk tidak terpengaruh. "Saya instruksikan kepada saudara tidak terlalu menanggapi isu-isu politik, fokus saja menangani perekonomian kita dan pembangunan, karena itu yang diharapkan rakyat," tegas SBY.

SBY mencontohkan soal pangan yang kerap mendapat kritikan akibat banyak komoditas utama yang diimpor. "Sebut pangan, di negara kita ada yang surplus, itu yang kita ekspor, ada yang kurang, yang kurang ini dari dulu juga kurang. Semuanya bisa dijelaskan," imbuhnya.

Presiden ke-6 RI ini juga mengatakan, jangan sampai cerita tentang ketidakberhasilan pemerintah yang dilontarkan pihak lain dianggap benar kalau menteri sibuk memberikan tanggapan.

"Kalau tertarik pada politiknya, kita jadi tidak fokus. Berita tentang ketidakberhasilan pemerintah nanti dianggap benar. Kalau kita kerja keras, insya Allah hasilnya akan baik," ujar dia.

SBY menegaskan dirinya siap menjelaskan langsung kepada masyarakat jika isu yang dilontarkan sudah tidak wajar. "Kalau politiknya sudah melebihi kewajaran, saya akan masuk dan menjelaskan kepada rakyat yang sebenarnya," tegas SBY.

Dalam rapat kabinet, hadir Wakil Presiden Boediono, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Keuangan Chatib Basri, Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Juga hadir, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri ESDM Jero Wacik, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Jaksa Agung Basrief Arief, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi. (Ado/Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.