Sukses

Kebakaran Hebat di Kelapa Gading Akibat Korsleting Kulkas

"Kebakaran ini akibat konsleting kulkas warga RT 7. Orang yang punya rumah lagi nggak ada di rumah," ungkap seorang warga, Slamet Marsiam.

Kebakaran semalam meninggalkan duka bagi ratusan warga yang menetap di Jalan Inspeksi, Kali Sunter, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Diduga, penyebab kemunculan si jago merah ini akibat konsleting atau hubungan pendek arus listrik kulkas milik salah satu warga yang beralamat di RT 7, tak jauh dari Mal Artha Gading.

"Kebakaran ini akibat korsleting kulkas warga RT 7. Orang yang punya rumah lagi nggak ada di rumah," ungkap salah seorang warga, Slamet Marsiam kepada Liputan6.com, di lokasi kebakaran, Jalan Inspeksi Kali Sunter, RT 9 RW 13, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Penghuni rumah tersebut, lanjut Slamet, sedang pulang kampung ke Madura. Di rumah yang menjadi sumber api dijaga 2 orang pemuda yang mengontrak. "Sepertinya 2 pemuda itu tidak tahu kulkasnya korslet, karena mereka ikut luka dan kebakar juga di bagian kaki," imbuhnya.

Slamet tidak berhasil menyelematkan barang berharga miliknya, karena angin malam berembus sangat kencang hingga membuat api cepat menjalar dari rumah ke rumah di komplek tersebut.

Sama halnya diakui Chosiyah, yang terbangun karena mendengar suara-suara berisik tetangganya. Nenek 3 cucu ini menuturkan kejadian terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. "Jam setengah 3 malam lagi tidur nyenyaknya. Tahu-tahu, ada yang teriak, `kebakaran! kebakaran!` Saya langsung manggil anak saya dan gendong cucu saya yang kecil," tuturnya.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah warga korban kebakaran ini kini mengungsi sementara waktu di bantaran Kali Sunter. Api pun sudah padam, tapi petugas Pemadam Kebakaran masih menyisir area untuk melakukan pendinginan. Sementara, pihak kelurahan sedang mendata korban kebakaran. Dari RT 9, baru terdata sekitar 57 Kepala Keluarga. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini