Sukses

[VIDEO] Drum Blek, Marching Band ala Salatiga

Keunikan marching blek ini adalah para pemainnya membawa aneka alat musik tradisional, bambu dan beragam barang bekas.

Selain mengenal marching band, ternyata ada pula kesenian yang tak kalah menarik dan datang dari salah satu daerah di Indonesia, yaitu marching blek atau drum blek. Keunikan marching blek ini adalah para pemainnya membawa aneka alat musik tradisional, bambu dan beragam barang bekas.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (22/9/2013), barang bekas yang digunakan dalam marching blek itu seperti, kaleng, tong plastik bekas, dan drum kaleng bekas. Cara unik ini diperkenalkan oleh warga Salatiga, Jawa Tengah, yang melakukan pawai keliling kota.

Tak mau kalah dengan formasi marching band dalam melakukan pawai, marching blek juga menggunakan mayoret untuk harmonisasi nada. Tak hanya itu, para pemain drum blek yang termasuk dalam formasi marching blek juga memakai pakaian unik dan menarik. Dengan begitu, suasana pun tambah semarak dan mengundang antusias penonton.

Ide tersebut lahir dari mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana dalam rangkaian acara orientasi mahasiswa baru. Mereka berharap, dengan adanya pawai seperti ini, drum blek dapat dikenal dan bisa diakui sebagai ikon kesenian khas dari Salatiga. (Mhs/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.