Sukses

Jokowi: DKI Siap Pasar Bebas ASEAN, Provinsi Lain Gimana?

"Harusnya kita bareng, apa yang bisa kita siapkan," ujar Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap menghadapi ASEAN Economy Community pada 2015 nanti. Namun demikian, kesiapan DKI akan percuma bila tidak dukung oleh kepala daerah lainnya di seluruh Indonesia.

"Ini kan saya urusi soal Jakarta. Lalu gimana mengenai 511 kota dan kabupaten di 33 provinsi lainnya? Harusnya kita bareng, apa yang bisa kita siapkan," ujar Jokowi dalam acara Forum Pertemuan Gubernur-Walikota ibukota se-ASEAN di Jakarta, Rabu, (18/9/2013).

Lalu, setelah mengumpulkan Gubernur dan Walikota se-ASEAN, apakah Jokowi juga akan mengajak Gubernur se-Indonesia untuk siap menghadapi pasar ekonomi bebas di Asia Tenggara? Jokowi menampiknya. Sebab untuk melakukan itu bukanlah tugas dan kewenangan dirinya.

"Itu bukan urusan saya. Saya itu tanyakan ke Sekretariat ASEAN, apa itu punya bayangan bahwa ini Jakarta, mereka juga harus berpikir Indonesia itu bukan Jakarta saja, tapi dari Aceh sampai Papua," jelas Jokowi.

Selain itu, menurut Jokowi, pemerintah pusat juga mesti mendorong dan turut menyosialisasikan kepada para kepala daerah pada tiap provinsi untuk memperbaiki dan siap menghadapi ASEAN Economy Community.

"Harus ada sosialisasi yang masif kepada 511 kota dan kabupaten di 33 provinsi lain, bahwa 2015 itu betul-betul bebas, nggak ada lagi barrier," kata Jokowi.

"Makanya, Kita bisa bayangkan gimana infrastruktur kita, siap atau tidak? Efisiensi, policy kita ini siap atau tidak? Kalo nggak siap, uang itu larinya cepet banget. Ini jangan main-main," tukas Jokowi. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.