Sukses

KPU Jawa Timur Pastikan Surat Suara Rusak Telah Diganti

Tidak dijelaskan secara rinci berapa total surat suara rusak dan berasal dari kabupaten/kota mana saja.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan seluruh surat suara yang ditemukan rusak sudah diganti dengan yang baru. Surat suara itu pun sudah sampai ke daerah pemilihan.

"Semua surat suara yang rusak sudah diganti oleh pabrik," kata Ketua KPU Jawa Timur Andri Dewanto di Surabaya, Rabu (28/8/2013).

Namun, Andri tidak menjelaskan secara rinci berapa total surat suara rusak dan berasal dari kabupaten/kota mana saja. Ia hanya menyebut jumlahnya 1-2 persen dari total pemilih di masing-masing kabupaten/kota.

Semua surat suara rusak akan dimusnahkan di masing-masing kantor KPU kabupaten/kota. "Dimusnahkan di kantor KPU masing-masing supaya tidak ada penyalahgunaan surat suara," ujarnya.

Pada Pilkada Jatim 2013, 4 pasangan calon akan ikut bertarung. Mereka adalah Soekarwo-Saifullah Yusuf, Eggi Sujana-Muhammad Sihat, Bambang DH-Said Abdullah, dan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja.

Keempat pasangan calon akan memperebutkan 30 juta lebih pemilih di Jawa Timur di lebih dari 71 ribu TPS dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Pemungutan suara berlangsung pada 29 Agustus 2013. (Yus/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini