Sukses

Warga Lenteng Agung Tolak Lurah Non-Muslim, Ahok: Tidak Nanganin!

Warga kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, menolak Susan Jasmine Zulkifli yang lolos seleksi dan promosi terbuka sebagai lurah Lenteng Agung. Hal itu dikarenakan Susan merupakan non-muslim.

Bahkan warga telah mengumpulkan 2.300 nama dan 1.500-an KTP, untuk diberikan ke Pemprov DKI sebagai dukungan untuk mencopot Susan.

Menanggapi itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menegaskan, pihaknya tidak dapat memberhentikan seseorang dari jabatannya hanya karena urusan agama. Sebab memiliki suatu keyakinan bukan merupakan tindakan melanggar aturan.

"Wah, saya kira kita tidak nanganin dia ditolak karena dia agamanya beda. Jadi tidak bisa tolak karena agama itu tidak ada urusan," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Namun apabila lurah tersebut menyalahi aturan atau melanggar hukum, Pemprov DKI baru dapat mengambil tindakan seperti pencopotan maupun penggantian. Sehingga walau para warga mengumpulkan KTP sebanyak apapun, tidak dapat dilakukan pemberhentian jabatan, selama alasannya tidak jelas.

"Kalau dia nyolong, dia tidak mau melayani, ya masalah. Ngumpulin KTP untuk tolak, saya juga banyak. Saya di DKI jadi wagub cuma 52,7 persen yang pilih. Berarti ada 40 persen lebih yang nggak mau saya jadi wagub. Ya nggak ada urusan, kita cuma taat kontitusi nggak ada konstituen," kata mantan bupati Belitung Timur itu. (Tnt/Mut)

Tahun Kelulusan Jokowi Diperdebatkan, Sekolah Angkat Bicara

Tutup Video