Sukses

[VIDEO] Cegah Rusuh, Rutan Medaeng dan Lapas Klaten Dijaga Ketat

Puluhan anggota Brimob dikerahkan mengamankan Rutan Medaeng di Sidoarjo. Demikian pula dengan pengamanan di Lapas Klaten.

Puluhan anggota Brimob Kepolisian Daerah Jawa Timur dikerahkan untuk mengamankan Rumah Tahanan Medaeng di Sidoarjo. Penjagaan dengan senjata lengkap dilakukan sejak Minggu 18 Agustus malam, dari luar halaman Rutan Klas I Medaeng.

Penjagaan dilakukan atas instruksi Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono untuk mengamankan sejumlah rutan serta lembaga pemasyarakatan di seluruh Jatim. Dengan pengamanan ini diharapkan kerusuhan antarnarapidana yang belakangan kerap terjadi di beberapa rutan serta lapas di Indonesia bisa dicegah.

Rutan Klas I Medaeng merupakan salah satu dari 36 lapas di Jatim yang kelebihan jumlah penghuni. Rutan Medaeng sebenarnya hanya dapat menampung 504 napi. Namun kenyataannya rutan ini dihuni 1.500 lebih napi dan hanya dijaga sekitar 100 orang sipir.

Menyusul kerusuhan di sejumlah lapas, pengamanan Lapas Klas II B Klaten, Jawa Tengah, juga diperketat. Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis (22/8/2013) pagi, setiap pengunjung mendapat pemeriksaan seksama dengan menggeledah semua barang bawaan.

Pengetatan pengamanan ini untuk mengantisipasi adanya barang yang mencurigakan yang sengaja diselundupkan melalui pengunjung. Usai diperiksa polisi, pengunjung yang masuk ke ruangan bezuk diperiksa lagi oleh petugas sipir.

Penambahan pengamanan dari personel polisi sengaja dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kerusuhan. Seperti yang terjadi di Lapas Tanjung Gusta, Medan, dan Lapas Labuhan Ruku, Batubara, Sumatera Utara. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.