Sukses

Buang Sampah ke Ciliwung? Bersiaplah Masuk Bui

Jokowi akan menyiagakan petugas dari Dinas Kebersihan DKI di sepanjang Sungai Ciliwung yang mengaliri Ibukota.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi akan menyiagakan petugas dari Dinas Kebersihan DKI di sepanjang Sungai Ciliwung yang mengaliri Ibukota.

Para petugas itu akan berpatroli mencegah warga yang membuang sampah sembarangan ke badan air. Bagi mereka yang tertangkap basah tengah membuang sampah ke sungai, petugas akan memberikan sanksi tindak pidana ringan (tipiring).

"Ya, kan (Tipiring) di perda ada. Denda dan kurungannya ada. Sudah ada semuanya," kata Jokowi usai kerja bakti membersihkan Sungai Ciliwung bersama anggota TNI AD, Rabu (14/8/2013).

"Nanti pakai patroli kayak PJR (Patroli jalan Raya). Tadi aja kelihatan. Saya tadi lewat aja ketahuan (yang buang sampah sembarangan)," imbuhnya.

Namun sebelum sanksi tipiring ini benar-benar ditegakkan, Jokowi dan jajarannya akan melakukan sosialisasi terlebih dulu. Pada awal proses sosialisi ini, warga yang nekat buang sampah di sungai hanya diberi sekadar peringatan.

"Awal-awal dengan sosialisasi dulu lah, peringatan dulu. Tapi memang penegakan perda, penegakan hukum harus dilakukan. Kalau enggak begitu akan begini terus," jelas mantan Walikota Solo itu.

"Nanti ketahuan siapa yang buang sampah, siapa yang tidak," pungkas Jokowi. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini