Sukses

PNS Guru Jakarta Masih Asyik Libur

Libur Lebaran telah usai, kini saatnya para pegawai negeri sipil (PNS) mulai bekerja kembali. Namun pada hari pertama bekerja ini, 38.802 pegawai dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta tercatat masih libur. Sebagian besar berasal dari profesi guru.

"Yang tidak hadir itu banyak yang libur dari Dinas Pendidikan adalah guru," kata Kepala Pengendalian Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Slamet di Balaikota, Jakarta, Senin (12/8/2013).

"Dari Dinas Damkar (348) juga karena ada yang shift siang dan malam," ujarnya.

Selebihnya, lanjut dia, terdapat 98 orang yang izin sakit dan mereka yang izin cuti sebanyak 688 pegawai. Sementara PNS yang mengajukan izin biasa yakni 57 orang. Jumlah yang menambahkan cuti pada libur Lebaran tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun kemarin.

Hanya 1 orang saja yang tidak hadir tanpa keterangan atau alpa. Sehingga tingkat kehadiran PNS Pemprov DKI hari ini pertama kerja ini sebesar 48,83 persen. Sedangkan 50,215 persen lainnya tercatat masih libur.

"1 Orang alpa atau tanpa keterangan dari Dinas Pendidikan. Yang lain tidak ada. Kalau tahun kemarin 9 orang. Tapi yang cuti tahun ini lebih banyak dari tahun 2012," urai Slamet.

Slamet menuturkan, total PNS di lingkungan Pemprov DKI sebanyak 76.876. Dari jumlah itu tercatat lebih dari setengahnya yakni, 39.646 PNS tak hadir pada hari pertama kerja ini. Sedangkan kurang dari setengahnya, yakni hanya sebesar 37.230 PNS lainnya tercatat hadir. (Ndy/Sss)