Sukses

Jokowi Dilirik Partai Lain, Puan: Beliau Kader Ikut Mekanisme

Seiring meningkatnya popularitas dan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokwi sebagai Calon Presiden dalam Pemilu 2014 mendatang mulai membuat sejumlah partai mulai melirik. Sejumlah partai seperti Golkar, PPP dan dan Gerindra mulai menjajaki kemungkinan Jokowi dipasang sebagai calon capres mau pun cawapres.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan sebagai seorang kader PDIP dirinya optimis Jokowi tidak mudah tergoda dengan rayuan dari partai lain untuk menjadi capres. Menurutnya Jokowi akan mengikuti mekanisme dan aturan partai.

"Pak Jokowi tegaskan beliau itu kader PDIP. Dan sebagai kader, beliau akan ikuti aturan mekanisme di PDI Perjuangan yang kami pahami. Kita tunggu dulu Pemilu Legislatif 2014," ujar Puan usai buka puasa bersama Pengurus HIPMI Jaya di Jakarta, Kamis, (1/8/2013).

Puan menambahkan partai politik yang telah melirik Jokowi itu juga memahami aturan mengenai mekanisme pemilihan presiden. Saat ini seluruh partai politik masih dalam tahap menduga-duga siapa dan partai mana yang dapat mengusung capres atau cawapres.

"Semua masih menunggu siapa yang bisa memajukan calonnya sesuai dengan Undang-undang Pilpres. Kalau nanti salah satunya nama Pak Jokowi yang akan maju atau dimajukan oleh partai lain, tentu saja setelah ada lobi-lobi diantara semua parpol berkoalisi di Pilpres 2014 nanti," tukas Puan. (Adi)