Sukses

[VIDEO] Pura Langgar, Simbol Keharmonisan Hindu-Muslim di Bali

Pura Langgar tempat beribadah umat Hindu ini juga banyak dikunjungi umat Muslim untuk berziarah dan sholat.

Pemeluk agama Hindu di Bali hidup berdampingan dengan umat Muslim. Keberadaan Pura Langgar di Desa Bunutin, Bangli, menjadi buktinya.

Pura ini menyimpan cerita menarik tentang masuknya Islam ke Bali. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (24/7/2013), bentuk persegi pura ini dengan atap bertingkat menyerupai langgar atau mushola sebagai indikasi pengaruh budaya Islam.

Tak cuma bentuk pura, sejumlah ritual upacara yang digelar juga dipengaruhi budaya Islam. Seperti adanya pemotongan hewan kurban yang dilakukan sebelum Hari Raya Nyepi. Layaknya perayaan Idul Adha. Hewan yang dikorbankan pun bukan babi melainkan ayam atau itik.

Keunikan lain, Pura Langgar juga banyak dikunjungi umat muslim untuk berziarah dan salat. Keunikan dan sejarah berdirinya menunjukkan keharmonisan antarumat beragama. Hal inilah yang menjadi daya tarik Pura Langgar. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini