Sukses

[VIDEO] Jelang Ramadhan, Harga Sembako Melonjak Tajam

Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok melonjak. Pedagang dan pembeli pun sama-sama mengeluh.

Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok melonjak. Pedagang dan pembeli pun sama-sama mengeluh. Di Pasar Tanjung, Jember, Jawa Timur, misalnya, pembeli dan pedagang resah karena hampir semua harga kebutuhan pokok naik. Harga daging ayam naik paling drastis. Sebelumnya Rp 24 ribu per kilogram, kini sudah menjadi Rp 30 ribu sampai Rp 32 ribu per kilogram.

Kenaikan fantastis juga terjadi pada bawang merah yang naik 2 kali lipat. Di pengecer, harga bawang merah mencapai Rp 60 ribu per kilogramnya dari sebelumnya Rp 30 ribu

Di Ambon, Maluku, warga juga resah dengan naiknya harga sembako. Bumbu dapur seperti  cabai, bawang merah, dan cabai keriting naik tinggi hampir 2 kali lipat. Cabai rawit naik 100 persen dari Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogramnya. Bawang merah naik dari Rp 35 ribu menjadi Rp 50 ribu per kilogram.

Sedangkan di Kulon Progo, Yogyakarta, harga cabai rawit naik 2 kali dalam tiga hari, melambung dari Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu, kemudian menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Cabai merah keriting dijual Rp 25 ribu yang sebelumnya hanya Rp 20 ribu perkilogram. Daging ayam naik Rp 6.000 dari Rp 24 ribu menjadi Rp 30 ribu. (Ado)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini