Sukses

Pemilihan Abang None Jakarta Habiskan Rp 1,5 Miliar

Selain mengandalkan dana APBD, prosesi pemilihan abang-none juga didukung oleh dana dari sponsor baik itu dari pihak swasta ataupun BUMD.

Malam finalis Abang-none DKI Jakarta akan diselenggarakan pada Rabu (3/7/2013) di lapangan plaza timur Monumen Nasional (Monas). Puncak acara pemilihan Abang-None Jakarta itu akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar.

"Yang dikeluarkan dari APBD itu untuk seluruh rangkaian acaranya mulai dari wilayah, kemudian ada tes psikologi, tes narkoba, masa karantina, penjurian, sampai acara besok malam jumlahnya Rp 1,5 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budiman, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Selain mengandalkan dana APBD, prosesi pemilihan Abang-None juga didukung oleh dana dari sponsor. Baik itu dari pihak swasta ataupun BUMD. "Selain APBD, untuk hadiah, penataan panggung, kita juga menerima CSR dari sponsor. Ada dari Bank DKI, Jakarta Monorel, sama dari Ancol," kata dia.

Arie juga menjelaskan pelaksanaan pemilihan Abang-Nne ini merupakan kali pertama yang digelar di kawasan Monas. Ajang ini juga pernah digelar di area outdoor di Taman Fatahillah dan pelataran JIExpo kemayoran. "Itu pernah. Tapi Monas baru pertama kali dan kelihatannya memang bagus, karena temanya Pasar Gambir," kata Arie.

Dengan mengadakan malam finalis Abang-None di tempat terbuka seperti Monas, maka kesempatan masyarakat untuk menyaksikan langsung acara tersebut semakin luas.

"Itu konsepnya lebih membuka akses kepada masyarakat luas. Masyarakat bisa menyaksikan. Walau dari dulu juga gratis cuma kalau di dalam ruangan terbatas. Kalau ini kan ribuan orang bisa datang," ujar Arie.

Sebelum acara pemilihan Abang-None Jakarta 2013, akan digelar Pesta Rakyat Pasar Gambir yang berkonsep pasar rakyat khas Betawi. Acara ini akan diisi dengan kesenian dan kuliner Betawi sesuai dengan tema malam final abang-none Jakarta yaitu "Abang-none di Pesta Rakyat Gambir". (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini