Sukses

Ragunan Tetap Buka saat Hari Raya Idul Adha: Cek Jam Buka, Harga, hingga Cara Beli Tiketnya

Salah satu destinasi saat libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang bisa dipilih adalah Taman Margasatwa Ragunan yang ada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel).

Liputan6.com, Jakarta - Bingung menghabiskan waktu bersama keluarga saat libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah hari ini, Senin (17/6/2024)? Salah satu destinasi yang bisa dipilih adalah Taman Margasatwa Ragunan yang ada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel).

Ya, tempat wisata Taman Margasatwa Ragunan tetap membuka pelayanannya untuk menikmati berlibur melihat satwa.

Informasi tersebut dibagikan melalui media sosial Instagram resminya @ragunanzoo. Pihak Ragunan juga menyebutkan bahwa tempatnya akan buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

"Hallo sahabat ragunan, untuk hari raya Idul Adha kita tetap buka ya, pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024 kita buka mulai pukul 09.00 - 16.00 wib," tulis @ragunanzoo, dikutip Liputan6.com, Senin (17/6/2024).

Sebagai informasi, Taman Margasatwa Ragunan biasanya mempunyai hari libur satwa setiap Senin. Namun pada momen libur panjang bulan ini pihak Ragunan memindahkan hari libur satwa sementara menjadi Rabu 19 Juni 2024.

"Kita pindah sementara libur satwa di hari Rabu, 19 Juni 2024 ya," tutup @ragunanzoo.

Sementara itu, Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang memprediksi kemungkinan puncak kepadatan pengunjung di Ragunan diperkirakan akan terjadi sehari setelah Idul Adha yaitu Selasa 18 Juni 2024.

Pihaknya menargetkan pada hari libur tersebut ada sekitar 60 ribu pengunjung yang kemungkinan akan datang. Taman Margasatwa Ragunan juga mengantisipasi lonjakan pengunjung dengan menyediakan lahan parkir dan merawat area sekitar.

Terutama untuk memastikan agar pohon sekitar tidak tumbang dan melukai pengunjung. Pihak Ragunan juga mengimbau pengunjung untuk membawa mantel hujan atau payung mengingat cuaca yang tidak menentu.

"Kepada pengunjung kami imbau membawa payung atau mantel untuk antisipasi hujan deras yang sewaktu-waktu bisa terjadi," ucap Wahyudi.

Lalu, bagaimanakah untuk bisa membeli tiket masuk Ragunan? Berapa harganya? Berikut caranya dihimpun Liputan6.com dari laman resmi Ragunan www.ragunanzoo.jakarta.go.id:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiket Masuk Ragunan Beli di Mana?

Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan bisa dibeli secara online maupun offline langsung di loket. Pembelian tiket online bisa diakses melalui aplikasi Taman Margasatwa Ragunan.

Sedangkan untuk pembelian offline, pengunjung dapat mengunjungi loket Ragunan untuk membeli kartu JakCard Bank DKI. Rincian harga JakCard di Ragunan, sebagai berikut:

- Harga Rp45.000 dengan saldo Rp20.000

- Harga Rp75.000 dengan saldo Rp50.000

Tak perlu khawatir, satu JakCard Bank DKI dapat digunakan lebih dari satu orang bahkan banyak orang, selama saldo di dalamnya mencukupi dan ini dapat digunakan untuk membeli tiket masuk kebun binatang.

Topup saldo minimum Rp10.000 (maksimal saldo kartu Rp1.000.000) dan bisa dilakukan di semua Loket Taman Margasatwa Ragunan serta halte Busway (Transjakarta).

Kartu JakCard Bank DKI juga bisa digunakan di Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Museum Kota Tua, dan Transjakarta, melansir laman resmi Ragunan www.ragunanzoo.jakarta.go.id.

 

3 dari 4 halaman

Berapa Tiket Ragunan?

Tiket masuk ke Ragunan dapat dibeli secara online melalui aplikasi Taman Margasatwa Ragunan atau secara langsung (offline) di loket. Berikut rincian harga tiket Ragunan:

1. Tarif Masuk Pengunjung

- Dewasa Rp4.000 per orang

- Anak-anak Rp3.000 per orang

2. Tarif Penitipan Kendaraan atau Parkir

- Bus besar, truk besar, dan mobil box besar Rp15.000 per hari

- Bus kecil, Truk kecil, mobil box kecil, dan pick up besar Rp12.500 per hari

- Mobil sedan, minibus/sejenis, termasuk dalam bentuk pickup kecil Rp6.000 per hari

- Sepeda motor, dan kendaraan roda tiga Rp3.000 per hari

- Sepeda Rp1.000 per hari

 

4 dari 4 halaman

Berapa Harga Naik Fasilitas atau Wahana di Ragunan?

Ada sejumlah fasilitas atau wahana yang bisa dipilih pengunjung ketika sudah masuk ke dalam Ragunan. Berikut rincian harga fasilitas atau wahana di Ragunan:

- Taman satwa anak Rp2.500 per satu kali keliling

- Perahu Angsa Rp18.000 per satu kali keliling

- Kereta keliling Rp10.000 per satu kali keliling

- Sepeda tunggal Rp10.000 per orang

- Sepeda ganda Rp15.000 per orang

Tarif masuk Pusat Primata Schmutzer

- Hari Selasa sampai Jumat (usia 3 tahun ke atas) Rp6.000 per orang

- Hari Sabtu sampai Minggu atau libur nasional (usia 3 tahun ke atas) Rp7.500 per orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.