Sukses

Meriahkan HUT Institut Pariwisata Trisakti ke-55, Trischo 2024 Diikuti Ratusan Pelajar

Kompetisi tersebut diikuti 206 siswa yang terbagi dalam delapan mata lomba untuk mahasiswa IP Trisakti dan siswa SMA/SMK/MA/pesantren.

Liputan6.com, Jakarta Peranan hospitality sangat penting dalam industri pariwisata. Ya, penting karena perannya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan (wisatawan). Berkaitan dengan hal tersebut, sejumlah institusi pendidikan menghadirkan jurusan hospitality (perhotelan) dan pariwisata, Institut Pariwisata (IP) Trisakti salah satunya. 

Bukan hanya mencetak lulusan unggul di bidang pariwisata, IP juga berupaya berinovasi dan berkreativitas dalam mempromosikan program studinya. Maka dari itu, bertepatan dengan perayaan hari jadi yang ke-55, IP Trisakti menggelar Trisakti Hospitality Competition (Trishco) 2024. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IP Trisakti, Agus Riyadi saat membuka Trishco 2024 mengatakan bahwa kompetisi ini adalah keempat kalinya digelar. Tahun ini menjadi tahun yang bagi IP Trisakti, Agus melanjutkan karena adai 206 siswa SMA dan sederajat dari 38 sekolah di Indonesia yang mengikuti Trishco.

"Tujuan dari kegiatan ini bukan hanya untuk bersilaturahmi tapi juga saling memperebutkan prestasi secara sportif," ujar Agus. 

Dalam kesempatan tersebut juga hadir, Wakil Rektor II Bidang Umum, SDM, Keuangan, Data dan Informasi, Humas dan Kesekretariatan IP Trisakti, Nurbaeti; dan Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama, Alumni, Pemasaran dan Pengaturan Kerja IP Trisakti, Novi Widyastuti. 

Ketua Pelaksana Trishco 2024,Fifi Noviyanti menjelaskan, kompetisi yang diikuti 206 siswa itu terbagi dalam delapan mata lomba untuk mahasiswa IP Trisakti dan siswa SMA/SMK/MA/pesantren. Untuk siswa, ada enam keahlian yang diperlombakan yaitu Latte Art, Debat Pariwisata, Ide Bisnis, Story Telling, Tourism Vlog dan Tari Kreasi. Peserta terbanyak pada lomba Debat Pariwisata.

Khusus untuk mahasiswa IP Trisakti, ada dua keahlian yang dilombakan, yaitu pembuatan video Tik Tok Promosi dan jajanan pasar yang disponsori Bola Deli, produk tepung unggulan dari PT Padi Flour Nusantara.

"Jajanan pasar yang dilombakan adalah pembuatan kue Khu dan talam menggunakan tepung dari Bola Deli," ujar Fifi yang menjelaskan bahwa sekolah peserta lomba berasal dari Jakarta, Bekasi, Cibubur, Tangerang, Pandeglang, Cibinong, Pontianak, dan Palembang.

Dia mengaku senang dengan antusias para siswa saat mengikuti lomba. Para siswa menyiapkan materi secara matang, sehingga perlombaan berlangsung seru dan meriah.

"Dalam lomba debat, para siswa benar-benar menyiapkan sekaligus mempertahankan materi secara apik. Lomba berlangsung seru, karena semua peserta sangat antusias," katanya.

Begitupun pada lomba tourism vlog, Fifi melanjutkan, para siswa menampilkan vlog pariwisata Indonesia, yang tak sekadar promosi pariwisata, tapi juga dibuat menarik. Sehingga orang ingin berkunjung ke daerah wisata tersebut.

"Anak-anak Gen Z ini memang jago teknologi ya. Vlog mereka bagus semua," ucapnya.

Sekadar informasi, Trishco 2024 tak hanya menampilkan lomba, tetapi juga memberi kesempatan kepada mahasiswa program studi kewirausahaan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, lewat  berniaga di bazar.

"Bazar juga menampilkan sejumlah produk dari para sponsor Trishco2024," kata Fifi. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.