Sukses

Indonesia AirAsia Buka 2 Rute Baru, dari Denpasar ke Phuket dan Kota Kinabalu

Veranita menambahkan, sejak dibukanya rute Jakarta-Kota Kinabalu pada Februari lalu, antusiasme penumpang terlihat tinggi dengan tingkat keterisian mencapai lebih dari 94% dari Februari hingga Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia AirAsia, maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi Skytrax, kembali membuka dua rute internasional baru. Rute tersebut adalah Denpasar-Phuket, Thailand dan Denpasar-Kota Kinabalu, Malaysia. Langkah ini merupakan upaya Indonesia AirAsia untuk memperluas konektivitas jaringan udara dan memperkuat potensi pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Indonesia AirAsia terus melakukan terobosan baru dalam membuka berbagai rute penerbangan yang memudahkan penumpang untuk berkunjung dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Seperti kedua rute terbaru ini, yang menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan destinasi populer Denpasar-Phuket, Thailand, dan Denpasar-Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia," kata Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine, di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Veranita menambahkan, sejak dibukanya rute Jakarta-Kota Kinabalu pada Februari lalu, antusiasme penumpang terlihat tinggi dengan tingkat keterisian mencapai lebih dari 94% dari Februari hingga Mei 2024. Melihat kesuksesan ini, Indonesia AirAsia mengambil langkah strategis untuk melebarkan sayap dan menghubungkan penumpang dari Indonesia ke Kota Kinabalu melalui Denpasar.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), selama tahun 2023 wisatawan asal Malaysia menduduki posisi pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak yang mengunjungi Indonesia dengan total 16,28% atau sebanyak 1,901,242 wisatawan. Begitu pula dengan wisatawan mancanegara asal Indonesia yang menduduki peringkat ketiga di Sabah, Malaysia, dengan jumlah 91,917 wisatawan pada tahun 2023.

Sementara itu, wisatawan mancanegara asal Thailand juga mengalami kenaikan signifikan sebesar 82,88% pada tahun 2023, mencapai 111,786 kunjungan dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 61,128 kunjungan.

Dengan penambahan rute baru ke Phuket dan Kota Kinabalu ini, diharapkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia meningkat pada tahun 2024. Target yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah sebanyak 17 juta kunjungan, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif melalui peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, baik di sektor pariwisata maupun perekonomian Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Selain itu, pembukaan rute-rute ini berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara antar destinasi wisata di ASEAN, memudahkan wisatawan internasional mengunjungi beberapa destinasi. Hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pendapatan, lapangan kerja, dan investasi, serta memperkuat kerja sama regional dan pertukaran budaya.

Tiket pesawat kedua rute penerbangan tersebut sudah mulai bisa dipesan sejak hari ini, 13 Juni 2024. Penerbangan pertama rute Denpasar-Kota Kinabalu akan mulai beroperasi pada 9 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang tiga kali seminggu (Rabu, Jumat, dan Minggu). Sementara rute Denpasar-Phuket akan beroperasi mulai 10 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang tiga kali seminggu (Selasa, Kamis, dan Sabtu).

    

3 dari 3 halaman

Tawarkan Keindahan Alam

Phuket, pulau eksotis yang menjadi primadona Thailand, kerap diburu wisatawan untuk menikmati liburan dengan suasana tropis. Wisatawan dapat mengunjungi Phuket Old Town, Banana Beach, Koh Hey, Hanuman World Phuket, Carnival Magic, dan The Big Buddha Temple serta pantai-pantai yang menyajikan pemandangan laut biru jernih dan pasir pantai yang putih.

Kota Kinabalu menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan kaya akan budaya. Wisatawan dapat mendaki Gunung Kinabalu dan menikmati matahari terbit dari ketinggian 4.095 meter, serta menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Tanjung Aru. Kota ini juga memiliki berbagai destinasi wisata favorit lainnya seperti Sabah State Museum, Mari Mari Cultural Village, Atkinson Clock Tower, Gaya Street Sunday Market, KK Waterfront, dan Tanjung Aru Perdana Park.

Tidak hanya wisatawan dari Indonesia yang bisa menikmati pariwisata di Phuket dan Kota Kinabalu, wisatawan dari Thailand dan Sabah juga bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik di Bali yang terkenal akan keindahan alam dan kekayaan budaya. Destinasi favorit di Indonesia lainnya juga bisa dijangkau dengan penerbangan lanjutan bersama Indonesia AirAsia melalui Denpasar, seperti Labuan Bajo, Kupang, dan Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini