Sukses

Jokowi Buka Gala Dinner KTT WWF ke-10 di Bali, Puan Maharani Ikut Hadir

Jokowi dan tamu undangan yang hadir pada acara gala dinner KTT WWF ke-10 di Garuda Wisnu Kencana, Bali tampak mengenakan pakaian bernuansa batik. Jokowi menyambut langsung kedatangan mereka dan melakukan sesi foto bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi membuka jamuan santap malam atau gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (KTT WWF) ke-10 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (19/5/2024).

Gala dinner ini dihadiri sejumlah pimpinan negara, delegasi, kepala lembaga, hingga menteri kabinet Indonesia Maju.

Jokowi menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada pimpinan negara dan delegasi atas partisipasi dalam KTT WWF ke-10 di Bali. Dia berharap forum ini dapat membawa dampak yang baik bagi lingkungan, khususnya terkait air bersih dan sanitasi.

"Your excellencies, good evening and welcome to Bali, Indonesia. Thank you for participating at the 10th World Water Forum," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (19/5/2024) malam.

"I hope the spirit of togetherness this evening can lead us to great collaboration, to ensure access for clean water and sanitation for everyone," sambungnya.

Jokowi dan tamu undangan yang hadir tampak mengenakan pakaian bernuansa batik. Jokowi menyambut langsung kedatangan mereka dan melakukan sesi foto bersama.

Para tamu undangan disuguhkan dengan penampilan musik, tarian, hingga lagu-lagu Indonesia. Jokowi berharap pimpinan negara, delegasi, serta tamu undangan menikmati hidangan santap malam dan penampilan yang disuguhkan.

"Please enjoy your dinner and the performance from Indonesia. Thank you," ujar Jokowi.

Adapun pimpinan negara dan tamu undangan yang hadir dalam Gala Dinner KTT WWF ke-10 antara lain, Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon, Wakil Perdana Menteri Papua New Guinea John Rosso dan Presiden Hungaria Janos Ader.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puan dan Jokowi Saling Lempar Senyum

Kemudian, Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) Dennis Francis, Deputi Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Haji Fadilah bin Haji Yusof, Perdana Menteri Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, hingga Perdana Menteri Fiji Sitiveni Rabuka

Selain itu, Ketua DPR RI Puan Maharani juga hadir dengan mengenakan kebaya putih. Jokowi dan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) itu saling bersalaman, melemparkan senyuman, dan berfoto. Keduanya juga berbincang saat berjalan bersama menuju lokasi utama gala dinner.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, WWF Ke-10 dijadwalkan dihadiri delapan kepala negara dari Timor Leste, Fiji, Tajikistan, Sri Lanka, Hungaria, Maroko, dan Indonesia selaku tuan rumah.

Selain itu, juga dijadwalkan menghadiri World Water Forum ke-10 sebanyak 105 menteri dari 132 negara dan organisasi internasional, dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai sekitar 46 ribu orang.

 

3 dari 3 halaman

4 Fokus Pembahasan KTT WWF di Bali

World Water Forum ke-10 mengusung tema besar “Water for Shared Prosperity”. Forum ini akan menghasilkan deklarasi tingkat menteri sebagai keluaran utama, yang disertai dengan kompendium atau concrete deliverables (aksi konkret).

Agenda internasional tersebut fokus membahas empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.