Sukses

Digadang Bakal Lawan Dinasti Politik Banten, Arief Wismansyah: Saya Maju Bukan Cari Musuh

Arief mengaku tidak mematok harus menjadi Cagub pada Pilkada Banten. Dia juga tetap membuka peluang diusung menjadi Cawagub Banten, sehingga komunikasi dengan pihak manapun tetap terbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bakal melawan dinasti politik pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Meski begitu, Arief Wismansyah menegaskan bahwa keputusan dirinya maju di Pilgub Banten bukan untuk mencari musuh.

Seperti diketahui, mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang juga adik ipar dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Airin Rachmi Diany juga bakal maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Banten pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 mendatang.

"Satu musuh kebanyakan, seribu teman itu kurang. saya maju bukan mencari musuh," ujar Arief, Selasa (7/5/2024).

Dia pun berharap, sumber daya manusia (SDM) terbaik yang dimiliki Banten bisa bersinergi untuk berkontribusi membangun provinsi tetangga Jakarta tersebut. Meskipun dalam konstetasi Pilgub Banten, baik dirinya maupun bakal calon lainnya akan berhadapan untuk saling adu ide dan gagasan.

"Jangan khawatir, kita bukan ingin membangkitkan perlawanan, melainkan semangat demokrasi untuk kemajuan Banten," kata Arief.

Dia berharap, Pilkada 2024 ini akan melahirkan pemimpin Banten yang mempunyai semangat kerja keras, bukan sekedar pemimpin yang hanya 'lips service' alias jualan janji.

"Dengan begini, masyarakat juga akan paham, Pilkada ini proses untuk memilih pemimpin terbaik, bukan yang jualan lips service saja," katanya.

Lebih lanjut, Arief mengaku tidak mematok harus menjadi Cagub pada Pilkada Banten nanti. Dia juga tetap membuka peluang sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Banten, sehingga komunikasi dengan pihak manapun tetap terbuka.

"Kita komunikasi semua. Hari ini saya akan ke Serang, untuk berkomunikasi dengan parpol (partai politik), alim ulama, PBNU, dan sebagainya," ujar Arief R Wismansyah menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Golkar Usung Airin Maju di Pilgub Banten

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan partainya akan mengusung Airin Rachmi Diany untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024. Mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu akan maju sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) Banten.

"(Golkar usung) Ibu Airin (di Pilkada Banten)," kata Airlangga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Namun, dia tak menjelaskan secara rinci bagaimana pembentukan koalisi untuk memenangkan Airin di Pilkada Banten. Airlangga menyebut, partainya masih menyusun koalisi untuk Pilkada Banten 2024.

"Nanti kita susun," ucap Airlangga Hartarto.

Pada pemilu legislatif 2024, Partai Golkar adalah pemenang dengan perolehan 14 kursi dengan raihan 932.670 suara di DPRD Banten. Sehingga Golkar berhak menempati kursi Ketua DPRD Banten.

 

3 dari 4 halaman

Airin Dinilai Sukses Dongkrak Suara Golkar di Banten

Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Banten, Bahrul Ulum menyampaikan Airin telah diberi tugas sebelum pilkada, yakni meningkatkan perolehan kursi Partai Golkar di semua tingkatan pada pemilu legislatif di Provinsi Banten.

"Beliau sukses, mampu menambah perolehan suara, dari 1 kursi DPR RI menjadi 2 kursi di Banten III," ujar Ulum kepada wartawan, Selasa (26/3/2024).

Bukan hanya itu, secara suara, Airin menjadi juara dari seluruh calon anggota DPR RI se-Banten, dengan perolehan 302.878 suara. Secara nasional, Airin masuk 5 besar suara terbanyak para calon anggota DPRI RI se-Indonesia.

"Beliau adalah salah satu magnet kemenangan Partai Golkar di Banten. Kami menang tingkat DPR RI, provinsi, dan 7 dari delapan kabupaten/kota se-Banten. Artinya, mesin Partai Golkar telah bersatu di pileg, dan akan kembali digerakkan untuk pilkada serentak," tegas Ulum.

4 dari 4 halaman

Airin Juga Daftar Jadi Calon Kepala Daerah Lewat PKB

Setelah diusung Golkar, Airin Rachmi Diany juga mencari dukungan di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal itu terlihat saat mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu mengikuti ta'aruf politik calon kepala daerah PKB pada Kamis (2/5/2024) lalu.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut, Airin telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur Banten.

“Yang Banten gubernur banyak salah satu nama yang muncul ada Airin dari Golkar,” kata Cak Imin di Grand Sahid Jaya, Kamis (2/5/2024).

Sementara untuk DKI, Cak Imin menyebut ada nama Menaker Ida Fauziah dan Politikus Golkar Ahmad Zaki Iskandar.

Terkait adanya kader partai Golkar yang mendaftar, Cak Imin mengaku belum menjalin komunikasi dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Belum. Ini proses dari bawah. Nanti pada akhirnya, tapi rata-rata mereka sudah pamit kepada para ketua umumnya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini