Sukses

Magang di Rumah Rakyat DPR RI, Mahasiswa Ditantang Beri Masukan Renstra Setjen DPR RI 2024-2029

Magang di Rumah Rakyat DPR RI menjadi ajang uji publik Renstra Setjen DPR RI periode 2024-2029 yang tengah disusun oleh Biro Perencanaan dan Organisasi Setjen DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 349 mahasiswa-mahasiswi mengikuti kegiatan Kuliah Umum "Magang di Rumah Rakyat DPR RI Tahun 2024" di Ruang KK II, Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Kuliah umum secara istimewa dibawakan langsung oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Helmizar. Dalam kesempatan itu, Helmizar membagikan ilmunya tentang Struktur Organisasi, Reformasi Birokrasi dan Rencana Strategis (Renstra) DPR RI 5 tahun kedepan.

Helmizar mengungkapkan bahwa momen kuliah umum "Magang di Rumah Rakyat DPR RI Tahun 2024" sebagai ajang uji publik Renstra Setjen DPR RI periode 2024-2029 yang tengah disusun oleh Biro Perencanaan dan Organisasi Setjen DPR RI.

“Ini ada 3 materi Struktur Organisasi, Reformasi Birokrasi dan Renstra DPR RI 5 tahun kedepan, lalu bagaimana proses penyusunan anggaran yang ada di DPR RI maupun yang ada di Setjen DPR RI yang dilakukan oleh Biro Perencanaan Dan Organisasi. Ini adalah uji publik Renstra Setjen DPR RI," kata Helmizar

"Jadi kami meminta masukan kepada kawan-kawan semua mahasiswa agar Renstra DPR ke depan semakin lebih baik. Jadi ini adalah Renstra 2024-2029,” tegasnya.

Helmizar menjelaskan, Renstra DPR RI merupakan salah satu upaya untuk memperkuat lembaga DPR RI dalam menghadirkan check and balances di antara 3 cabang kekuasaan, yaitu eksekutif, legislatif, yudikatif. Renstra DPR RI diinisiasi pertama kali pada periode 2010-2014 sebagai tindak lanjut grand design kelembagaan DPR RI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Renstra Keempat DPR RI

Lebih lanjut, Helmizar memaparkan bahwa Renstra 2025-2029 yang sedang disusun merupakan Renstra keempat sebagai kelanjutan dari Renstra periode sebelumnya, yakni 2010-2014, 2015-2019, dan 2020-2024. Renstra ini bertujuan untuk melanjutkan upaya-upaya yang belum dapat direalisasikan pada periode sebelumnya serta menetapkan target-target baru yang ingin dicapai DPR RI di masa mendatang.

Usai kuliah umum, Helmizar mengungkapkan bahwa Renstra 2025-2029 nantinya sangat berbeda baik dari segi visi misi maupun target-target yang akan dipenuhi. Oleh karena itu, pihaknya berharap Renstra Setjen DPR maupun Renstra DPR nantinya bisa dicermati oleh segenap mahasiswa-mahasiswi untuk memberikan masukan-masukan.

“Renstra itu nanti akan kita publish, akan kita uji publik dan kita meminta masukan. Masyarakat akan bisa menilai dan Renstra itu juga kedepan fleksibel," ungkap Helmizar.

Ia menambahkan, pada saat ada perubahan maka Renstra akan mengikuti perubahan-perubahan yang ada. 

"Jadi peran mahasiswa, masyarakat sangat penting di dalam melihat kinerja DPR ke depan terutama di Sekretariat Jenderal,” tambahnya.

Temukan artikel DPR RI terkini di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini