Sukses

Gerindra Sebut Ide Presidential Club Pasti Sudah Didengar Megawati

Habiburokhman menyebut klub presiden akan segera teraksana. Apalagi, pihaknya juga sudah kerap berkomunikasi intens dengan PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menilai wacana pembentukan presidential club pasti sudah didengar oleh para presiden terdahulu, termasuk presiden kelima Megawati Soekarnoputri.

“Saya pikir secra langsung atau tidak langsung sudah sampai ide ini kepada Ibu Megawati,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (6/5/2024).

Habiburokhman menyebut klub presiden akan segera teraksana. Apalagi, pihaknya juga sudah kerap berkomunikasi intens dengan PDIP.

“Kami kan berkomunikasi dengan jubir-jubir PDIP juga kita juga sharing, mereka tidak menunjukkan keberatan, terhadap ide inj malah banyak yang menyambut baik,” kata dia.

Selain itu, Habiburokhman mengingatkan bahwa wacana klub presiden sangat serius dan telah dilontarkan sejak tahun 2014 lalu.

“Tentu ini serius sekali, gagasan tersebut sudah disampaikan Pak Prabowo, sering didiskusikan dengan kami, terutama kader partai gerindra sejak bertahun lalu, saya ingat betul mungkin sekitar tahun 2014 Pak Prabowo itu pernah sampaikan ide tersebut, mengakomodir para presiden yang pernah menjabat,” pungkasnya.

Sementara itu, Politikus Senior PDIP, Hendrawan Supratikno sebelumya menyambut baik rencana Prabowo membentuk presidential club. Langkah itu dinilainya sebagai gagasan yang menarik.

“Ide yang bagus dan visioner,” ujar Hendrawan saat dikonfirmasi, Jumat (3/5/2024).

Menurutnya,  demokrasi Indonesia akan naik kelas jika para para pemimpin bangsa tidak sibuk pada hal-hal bersifat simbolik, melainkan lebih pada hal yang substantif. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Meyakini Megawati Akan Dukung Presidential Club

"Jika tidak berhenti pada hal-hal yang simbolik saja, dan berani masuk ke hal-hal yang substantif mendasar, demokrasi kita akan naik kelas,” katanya.

Selain itu, Hendrawan meyakini Megawati akan mendukung Ide tersebut apabila tujuannya benar untuk memperkuat ideologi kebangsaan.

“Jika tujuannya untuk perkuatan implementasi ideologi Pancasila, penguatan penjabaran semangat konstitusi dalam praktik penyelenggaraan negara, saya percaya dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP, Bu Mega akan sangat mendukung ide tersebut.” kata Hendrawan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.